Menpora Amali Minta Timnas Indonesia Latihan di Kampus UPI Bandung, Katanya Fasilitas Lengkap

Menpora Amali menjelaskan alasan pengusulan tersebut. Menurutnya, fasilitas olahraga serta pendukungnya lengkap

Editor: Ilham Mulyawan
kompas.com
Pemain asal Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi (kanan), masuk ke dalam skuad timnas U23 Indonesia untuk SEA Games 2021. 

TRIBUN-SULBAR.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memberi usul kepada PSSI soal pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia. Lokasi yang diusulkan tersebut yaitu fasilitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat.

“Kami datang ke UPI, sebelumnya kita sudah tinjau di UPI dalam rangka sentra Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Nah setelah itu ada kebutuhan dari PSSI untuk segera mendapatkan training camp persiapan atlet timnas,” kata Menpora Amali di Kampus UPI, Bandung, Senin (30/5).

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengungkapkan bahwa dirinya melakukan Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) di Istana Negara, Jumat (22/10) siang.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengungkapkan bahwa dirinya melakukan Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) di Istana Negara, Jumat (22/10) siang. (kemenpora.go.id)

Menpora Amali menjelaskan alasan pengusulan tersebut. Menurutnya, fasilitas olahraga serta pendukungnya lengkap. Sehingga, Timnas Indonesia bisa memaksimalkan persiapan dalam menyambut kejuaraan yang akan dihadapi.

“Saya mengusulkan ke PSSI dan pelatih Shin Tae-yong ada tempat di UPI. Kemudian kita komunikasi dengan rektor UPI dan beliau bersedia. Sudah ditinjau dan cocok, lingkungan dan fasilitas juga,” ujar Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali bilang selain lapangan sepak bola, PSSI membutuhkan fasilitas pendukung lainnya seperti penginapan hingga dukungan sport science.

“Fasilitas yang penting adalah lapangan. Kemudian pendukungnya adalah tempat penginapan, sport science, juga ada kolam renang. Disini ada semua dan mendukung. Namun, memang harus ada yang diperbaiki, nanti yang kurang akan ditambah,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali juga mengapresiasi kampus UPI yang telah bersedia dan menyatakan kesiapannya mendukung kemajuan olahraga nasional.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada rektor yang sudah bersedia UPI menjadi lokasi TC Timnas Indonesia. Dalam waktu dekat yang kurang-kurang akan diperbaiki,” jelas Menpora Amali.

Sementara itu, Rektor UPI Solehuddin mengaku sangat bangga karena UPI telah diusulkan sebagai lokasi pemusatan latihan untuk Timnas Indonesia. Dia akan memberikan dukungan maksimal.

“Suatu kebanggaan bagi kami. UPI dipandang cocok karena alasan yang telah disampaikan tadi. Sebagai tuan rumah yang diberi kepercayaan, kami akan maksimal. Kami berupaya memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang hadir pada kesempatan ini menyambut baik atas usulan tersebut. Lingkungan di kampus UPI dinilainya sangat baik.

“Disini lingkungan sangay baik. Saya juga sudah bicara dengan pak Menpora juga Ketum PSSI. Selain lapangan, fasilitas pendukung lainnya harus baik. Ada kesempatan untuk meningkatkan kemampuan pemain,” pungkas Shin.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved