OPINI

Kesetaraan Gender, Tantangan Kartini Masa Kini Sulbar

Salah satu ukuran pembangunan yang sudah mengakomodir persoalan gender adalah Indeks Pembangunan Gender (IPG).

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Dina Srikandi, SST., M.Si, Statistisi pada BPS Provinsi Sulawesi Barat 

Oleh: Dina Srikandi, SST., M.Si, Statistisi pada BPS Provinsi Sulawesi Barat

Belum lama ini, kita memperingati Hari Hartini.

Hari kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April merupakan suatu bentuk penghormatan kepada Ibu Kartini sebagai salah satu wanita yang berjuang mendapatkan kesetaraan hak antara perempuan dan laki-laki di masa lalu.

Meskipun perjuangan Ibu Kartini telah banyak membawa perubahan, namun perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan tersebut belum sepenuhnya tercapai.

Sehingga kesetaraan gender masih merupakan salah satu tujuan pembangunan yang belum sepenuhnya terwujud.

Gender secara umum diartikan bukan sebagai perbedaan jenis kelamin, melainkan perbedaan peran, perilaku, kegiatan, serta atribut yang dikonstruksikan secara sosial dalam masyarakat antara laik-laki dan perempuan.

Gender juga merupakan keselarasan peran sosial, ekonomi, dan politik antara laki-laki dan perempuan (BPS, 2014) Memperjuangkan kesetaraan gender bukan berarti mendorong perempuan untuk menjadi sama dengan laki-laki namun yang perlu diperjuangkan adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia dalam berperan dan berpartisipasi di segala bidang.

Kesetaraan gender juga bukan hanya persoalan pencapaian persamaan status dan kedudukan antara perempuan dan laki-laki, tetapi juga dapat bermakna sebagai persoalan pencapaian persamaan peranan.

Dimana perempuan memiliki peranan yang proporsional dalam hal proses pengambilan keputusan di bidang politik, penyelenggaraan pemerintahan, dan kehidupan ekonomi.

Salah satu ukuran pembangunan yang sudah mengakomodir persoalan gender adalah Indeks Pembangunan Gender (IPG).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved