OPINI

Sibuk Bantu Ukraina, Palestina Terlupakan

Masih tergambar dalam benak kita perang yang terjadi selama 11 hari di tahun 2021, yang mengakibatkan kehancuran luar biasa di Gaza.

Editor: Hasrul Rusdi
Unsplash/Rohith Goura
Dome of The Rock, salah satu masjid yang ada di Masjidil Aqsa 

Oleh : drg. Rubiah Lenrang, Praktisi Kesehatan dan Ibu Rumah Tangga

Ramadan di Palestina kembali memanas. Kompas.com (16/4/2022), memberitakan Polisi Israel kembali menyerang warga Palestina di Komplek Masjid Al- Aqsa pada tanggal 15 April 2022.

Akibat peristiwa ini, bentrokan pecah dan setidaknya 158 warga Palestina terluka. Petugas medis melaporkan sedikitnya 158 warga Palestina terluka dan enam mengalami luka serius. Tiga paramedis, tiga jurnalis dan 400 orang ditangkap.

Konflik Israel dan warga Palestina di bulan suci Ramadan bukanlah yang pertama kali terjadi. Kekerasan yang dilakukan Israel semakin menjadi-jadi di bulan mulia ini terus berulang setiap tahun.

Masih tergambar dalam benak kita perang yang terjadi selama 11 hari di tahun 2021, yang mengakibatkan kehancuran luar biasa di Gaza.

Dikutip dari Kompas.com (16/4/2022), setidaknya 230 warga Plaestina tewas, termasuk 65 anak-anak dan 39 wanita, dengan 1.710 orang terluka, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Sebelum serangan Isrel ke Palestina 15 April 2022, Perdana Menteri Palestina Mohammed Ishtaye pada tanggal 4 April 2022 menyerukan permintaan kepada dunia yang tengah sibuk membantu Ukraina melawan invasi Rusia.

Dia memohon kepada masyarakat internasional agar menghentikan kezaliman Israel terhadap warga Palestina.

Seruan Perdana Menteri Palestina tersebut bukanlah tanpa alasan. Hal ini disebabkan respon dunia yang sangat berbeda dalam menyikapi kedua konflik tersebut.

Dimana invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai tanggal 24 Februari 2022, langsung mendapatkan respon dari PBB berupa diselenggarakannya Sidang Majelis Umum PBB pada tanggal 2 Maret 2022.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved