Arab Saudi Siap Terima 1 Juta Jamaah Haji, Berapa Kuota untuk Indonesia?

Pemerintah Kerjaan Arab Saudi siao menerima satu juta jamaah haji. Syarat dan ketentuan diberlakukan.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
Shutterstock
Kegiatan Umrah kembali dibuka untuk jemaah asal Indonesia 

TRIBUN-SULBAR.COM - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah resmi menaikkan kuota jamaah haji menjadi 1 juta orang.

Dikutip dari Saudi Press Agency pada Sabtu (9/4/2022), jumlah jamaah haji pada tahun 2022 kali ini akan lebih banyak dari dua tahun sebelumnya di tengah wabah Covid 19.

Sejak pandemi Covid 19 menghantam pada tahun 2020 lalu, pemerintah Arab Saudi hanya memperbolehkan 1.000 jamaah untuk berpartisipasi.

Lalu, ditahun 2021 pemerintah Kerajaan Arab Saudi menaikkan kuota jamaah haji menjadi 60.000 penduduk yang divaksinasi lengkap yang dipilih melalui undian.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi baru-baru ini membuat pengumuman resmi yang menyatakan mereka mengizinkan kedatangan 1 juta jamaah, baik asing maupun domestik untuk menunaikan haji pada tahun ini atau 1443 Hijriah.

Berikut Daftar Tunggu Jamaah Calon Haji di Sulbar
Berikut Daftar Tunggu Jamaah Calon Haji di Sulbar (Screenshoot via Kompas.com)

Baca juga: 35 Ribu Calon Jemaah Haji Sulbar Masuk Daftar Tunggu, Polman Terbanyak

Baca juga: Travel Umrah Prima Unggul Global Sambut Baik Aturan Baru Tidak Wajib PCR & Antigen

Pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan, jika Kerajaan ingin memastikan bahwa jumlah maksimum Muslim di seluruh dunia dapat melakukan haji dan mengunjungi Masjid Nabawi dalam suasana yang aman dan spiritual.

"Sangat penting bagi pemerintah Penjaga Dua Masjid Suci untuk menjaga keselamatan dan keamanan jemaah haji serta pengunjung Masjid Nabawi,” ungkap Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Jumlah jamaah haji yang datang ke Arab Saudi akan disesuaikan dengan kuota yang dialokasikan untuk masing-masing negara dan dengan mempertimbangkan kepatuhan terhadap semua rekomendasi kesehatan.

Dikutip dari Saudi Gazette pada Sabtu (9/4/2022), Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengklarifikasi bahwa haji tahun ini akan dilakukan sesuai dengan peraturan berikut:

1. Haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi Covid 19 yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi

2. Jemaah yang berasal dari luar Kerajaan wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sejak keberangkatan ke Kerajaan.

Kementerian telah mengintruksikan bahwa semua jamaah harus mengawasi instruksi kesehatan dan semua tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan mereka saat melakukan ritual haji.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved