OPINI

E-Voting Bukan Bagian Digitalisasi Pemilu

Sekalipun digitalisasi dipersiapkan untuk berbagai tahapan pemilu, e-voting (pemungutan suara elektronik) tidak menjadi bagian di dalamnya.

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Anggota KPU Kabupaten Majene, Zulkarnain Hasanuddin. 

Zulkarnain Hasanuddin, Anggota KPU Kabupaten Majene

Perkembangan teknologi informasi di era revolusi industri (4.0) telah melahirkan perubahan yang pesat dan cepat, baik pada perilaku, kebiasaan, maupun aktivitas-aktivitas manusia lainnya. Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang dikenal dengan istilah digitalisasi.

Mengacu pada KBBI, pengertian digitalisasi adalah proses pemberian atau pemakaian sistem digital di mana praktiknya, data digital dijadikan pendukung utama dalam proses-proses yang dilakukan baik itu bisnis, pendapatan maupun budaya digital sendiri.

Digitalisasi juga membuat dunia informasi berubah dan mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia sekarang ini, termasuk juga dalam dunia politik dan pemilu.

Digitalisasi berperan meminimalkan kerawanan data melalui manusia, misalnya suap, ancaman dan kondisi-kondisi tertentu yang rawan terhadap kegiatan yang dilaksanakan secara manual/konvensional.

Digitalisasi kemudian diterapkan dalam banyak sektor sebagai sistem yang nyaris wajib, sehingga manusia mau tidak mau harus beradaptasi menerimanya.

Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan (Komisi Pemilihan Umum) merupakan salah satu sektor yang dengan cepat melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi ini.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah mendesain pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah berbasis digitalisasi terhadap tahapan-tahapan tertentu.

Hal ini dilakukan sebagai metode Komisi Pemilihan Umum dalam melakukan distribusi informasi kepada seluruh masyarakat dengan cepat sebagai bentuk keterbukaan informasi pada publik.

Digitalisasi pemilu adalah keniscayaan. Teknologi internet dibutuhkan untuk digitalisasi pemilu, karena dengan digitalisasi, hasil pemilu bisa terdokumentasi dengan baik, transparan, mudah diakses publik dan menjadi bahan kajian dan riset.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved