Calon Barista Jangan Hanya Kenal Kopi, Belajar Pula Teknik Meracik yang Baik

Untuk itu, ia menyarankan, calon barista ini untuk belajar tak hanya mengenal kopi saja, namun juga bisa belajar teknik pembuatan kopi tertentu

Editor: Ilham Mulyawan
Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman
Ilustrasi- Seorang pemilik kedai kopi di Kelurahan Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku, Mamuju. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUN-SULBAR.COM, JAKARTA - Kopi kini tidak hanya dipandang sebagai minuman, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Tak heran, jumlah kedai kopi dan kafe di berbagai daerah ikut melonjak.

Menurut data Statista, pada tahun 2020, jumlah gerai dari 10 brand kopi teratas di Indonesia telah mencapai 2.391 gerai.

Angka tersebut belum menghitung kedai-kedai independen yang jumlahnya jauh lebih tinggi.

Organisasi Kopi Sedunia (International Coffee Organization/ICO) mencatat bahwa tren konsumsi kopi domestik di Indonesia terus meningkat selama lima tahun terakhir.

Pada periode 2018-2019, jumlah konsumsi kopi domestik mencapai 4.800 kantong berkapasitas 60 kilogram, sementara itu, konsumsi kopi Indonesia sepanjang periode 2016-2021 diprediksi tumbuh rata-rata 8,22 persen per tahun.

Seiring dengan menjamurnya kedai kopi dan kafe di Indonesia, permintaan terhadap profesi barista ikut meningkat.

Pasalnya, kualitas sajian kopi sangat dipengaruhi oleh keterampilan baristanya.

Sebagai peracik dan pengolah, barista punya peran yang penting untuk menentukan tingkat kenikmatan kopi yang disajikan.

"Sekarang ini pemilik kedai kopi dan kafe di Indonesia pun berlomba-lomba menyeleksi barista terbaik dan di sisi lain banyak juga yang menginginkan profesi ini," kata Doddy Pancawinata, trainer kursus di ZenPro dalam keterangan tertulis.

Doddy yang menjuarai ajang Indonesia Barista Championship dan Asia Barista Championship menegaskan, profesi barista akan terus dibutuhkan jangan pernah takut menyelami dan terjun bekerja di sektor bisnis kopi terus berkembang ini.

Untuk itu, ia menyarankan, calon barista ini untuk belajar tak hanya mengenal kopi saja, namun juga bisa belajar teknik pembuatan kopi tertentu, perawatan alat dan mesin, bahkan bahasa Inggris profesional dan itu bisa dipelajari melalui kursus.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judul https://www.tribunnews.com/lifestyle/2022/03/18/tak-cukup-mengenal-kopi-ini-yang-harus-dikuasai-seorang-barista?page=all

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved