Piala AFF U23 2022

Lebih Pilih Mundur Ketimbang Kirim Pemain Pengganti, PSSI: Kesehatan Pemain Lebih Penting!

Berikut ini adalah alasan PSSI lebih memilih mundur dari Piala AFF U23 2022 ketimbang mengirim pemain pengganti.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Nurhadi Hasbi
menpora.go.id
Federasi sepakbola Indonesia PSSI memutuskan Tim Nasional Indonesia U-23 mundur dari Piala AFF U-23 tahun 2022. Hal tersebut disebabkan kekurangan pemain karena beberapa diantaranya dinyatakan positif COVID-19 

TRIBUN-SULBAR.COM - Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) menyampaikan alasan yang membuat tim nasional (timnas) Indonesia memilih mundur dari Piala AFF U23 2022 ketimbang mengirim pemain-pemain pengganti.

Mundurnya timnas Indonesia U23 dari Piala AFF U23 2022 lantaran kondisi dan situasi yang tengah menghantam tim.

PSSI menyampaikan jika keputusan ini ditetapkan sebab sejumlah pemain dilaporkan positif terpapar Covid-19 dan mengalami cedera.

Alhasil, timnas Indonesia U23 besutan Shin Tae Yong kehilangan total 14 pemain menjelang bergulirnya turnamen Piala AFF U23 yang bakal digelar di Kamboja pada 14-26 Februari 2022 mendatang.

Situasi tersebut membuat sang juru taktik Shin Tae Yong kekurangan pemain hingga meminta PSSI agar timnas mundur dari turnamen.

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan saat konferensi pers sebelum kickoff ujicoba melawan Timor Leste
Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan saat konferensi pers sebelum kickoff ujicoba melawan Timor Leste dalam rangka FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2021) malam.

Baca juga: Timnas Indonesia Batal Tanding di Piala AFF U23 Karena Covid-19, Kontak Erat hingga Cedera

Baca juga: Piala AFF U-23 Tanpa Timnas Indonesia, Mundur Akibat 7 Pemain Positif COVID-19 dan 3 Cidera

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI menyebutkan kekecewaannya lantaran tak bisa mengirim timnas U23 yang berstatus sebagai juara bertahan ini.

Akan tetaoi, baik PSSI maupun Shin Tae Yong tak bisa berbuat banyak menyikapi situasi yang tak mendukung ini.

"Saya selaku ketum menyesal tak bisa mengirim tim, tetapi apa bisa dikata," kata Mochamad Iriawan.

Ia menyampaikan alasannya menyoal PSSI yang lebih memilih mundur ketimbang memberangkatkan pemain-pemain pengganti.

Hal ini ditengarai tak ada pemain lain yang siap untuk menggantikan dan keputusan ini dibuat demi kesehatan pemain.

"Kenapa tidak kirim pemain yang lain? Ya, karena tak ada pemain. Karena kami juga khawatir sekali lagi, jangan sampai ada permasalahan kesehatan."

"Malah nanti kami dianggap lebih mementingkan olahraga daripada kesehatan. Alasan kesehatan para pemain lebih penting daripada prestasi yang ada," jelasnya.

Kini, pihaknya lebih memilih fokus untuk mengawasi pemulihan para pemain ketimbang harus menyesali keputusan yang telah diamb il.

"Para pemain saat ini masih di Hotel Sultan. Kami akan melakukan percepatan kesehatan dan ada tim dokter yang terus mengawasi," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa dengan Iwan Bule itu juga meminta dukungan dan doa dari semua fans sepak bola Indonesia agar pemain bisa pulih cepat.

"Sekali lagi, mohon maaf kami tak kirimkan pemain ke Piala AFF. Kami kecewa karena ingin meraih gelar juara lagi. Mohon doakan mereka semoga cepat pulih kembali," bebernya.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved