Piala AFF U23

Batal Ikut Piala AFF U23 Kamboja 2022 Imbas Covid-19, Menpora Pahami Keputusan PSSI

Batal mentas di Piala AFF U23 2022 akibat badai Covid 19, Menpora Zainudin Amali pahami keputusan PSSI dan Shin Tae Yong.

menpora.go.id
Federasi sepakbola Indonesia PSSI memutuskan Tim Nasional Indonesia U-23 mundur dari Piala AFF U-23 tahun 2022. Hal tersebut disebabkan kekurangan pemain karena beberapa diantaranya dinyatakan positif COVID-19 

TRIBUN-SULBAR.COM - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memahami keputusan federasi sepak bola Indonesia (PSSI) dan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia yakni Shin Tae Yong yang membatalkan keikutsertaan skuad Garuda di turnamen Piala AFF U23 2022.

Pembatalan keikutsertaan itu dilakukan sebab terdapat sejumlah pemain yang dilaporkan positif terpapar virus Covid 19 dan mengalami cedera.

Dikutip dari laman resmi PSSI pada Jumat (11/2/2022), ada sebanyak tujuh pemain yang positif terpapar Covid 19 yakni Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain itu total empat pemain yaitu Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan tengah menunggu masa inkubasi lantaran berada dalam satu kamar dengan mereka yang terpapar Covid 19.

Disamping itu, cederanya Gunansar Mandowen, Ramai, Rumakiek, dan Muhammad Iqbal juga menjadi alasan di balik timnas Indonesia U23 batal mengikuti Piala AFF U23 2022.

Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Ketum PSSI
Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) dan Ketum PSSI Mochammad Iriawan berpose setelah menghadiri rapat terkait naturalisasi pemain timnas di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (10/2/2022).

Dikutip dari laman kemenpora.go.id pada Jumat (11/2/2022) Menpora Zainudin Amali sangat memahami keputusan yang dibuat oleh Shin Tae Yong dan PSSI.

"Kita tidak boleh memaksakan diri di tengah situasi seperti ini. itu adalah kejadian di luar kehendak pelatih, federasi, apalagi pemerintah," ucap Menpora Zainudin Amali.

Dirinya juga menyarankan agar PSSI fokus untuk melakukan pemulihan kepada para pemain timnas Indonesia yang kini terpapar Covid 19.

Menpora Zainudin juga meyakini jika atlet biasanya akan pulih lebih cepat jika dibandingkan dengan orang kebanyakan.

Hal tersebut diketahui berkat pengmatannya di PON Papua XX 2021.

"Seperti ketika PON XX di Papua yang lalu, walaupun banyak atlet yang terpapar tapi recoverynya cepat."

"Karena para atlet sesungguhnya punya kebugaran fisik yang bagus. Apalagi mereka semuanya sudah divaksin. Semoga kondisi mereka segera pulih," tambahnya.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved