Breaking News:

Perawatan Motor

Bahaya Semprot Radiator Motor dengan Air Bertekanan Tinggi

Komponen radiator ini biasanya terdapat pada motor jenis matik, motor bebek tipe tertentu hingga sport.

Kompas.com
penampakan radiator motor 

TRIBUN-SULBAR.COM,- Saat Anda membersihkan motor dari kotoran, sebaiknya hindari menyemprot bagian radiator motor dengan air bertekanan tinggi, misalnya saat cuci steam.

Komponen radiator ini biasanya terdapat pada motor jenis matik, motor bebek tipe tertentu hingga sport.

“Jika radiator motor terkena semprotan air bertekanan tinggi kisi-kisi radiator motor yang tipis bisa penyok dan mengganggu fungsinya,” ungkap Rahmat, owner bengkel Kedai Riders, Ciledug, Tangerang.

Kisi-kisi radiator motor ini berfungsi menangkap udara dingin saat motor melaju, sehingga mampu melepas panas cairan coolant di mesin.

Jika sirip tersebut penyok, otomatis proses pendinginan mesin jadi terganggu karena radiator jadi tidak maksimal menangkap angin. “Kalau sering disemprot cuci steam, bukan tidak mungkin bisa bikin radiator bocor. Efeknya jelas bisa bikin mesin overheat,” jelasnya.

Baik motor dengan cover radiator atau tidak, peluang sirip radiator penyok tetap sama apabila sering disemprot air bertekanan tinggi.

Buat kalian yang cuci motor sendiri atau di tempat cuci steam, sebaiknya diperhatikan tuh pada saat proses mencuci dikerjakan.

Hindari mengarahkan air bertekanan tinggi langsung ke arah radiator motor. Sebab, kalau radiator sampai rusak dan mesin overheat, perbaikannya pasti menyita waktu dan enggak murah.

Laporan Reporter Muhammad Farhan l Sumber: Gridoto

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hindari Menyemprot Radiator Motor dengan Air Bertekanan Tinggi, Risikonya Begini

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved