Breaking News:

Bapas Polewali

Tahun 2021, PK Bapas Polewali Selesaikan 91 Litmas

Hal tersebut disampaikan oleh Kabapas Polewali, Hery Kusbandono, usai pelaksanaan diversi yang dilakukan oleh PK jajarannya, Selasa (11/1/2022)

Editor: Nurhadi Hasbi
Humas Kemenkumham Sulbar
Bapas Polewali saat melaksanakan diversi yang dilakukan oleh PK jajarannya, Selasa (11/1/2022) 

TRIBUN-SULBAR.COM, POLMAN - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Balai Pemasyarakatan (Bapas) merupakan unit pelaksana teknis pemasyarakatan.

Bapas merupakan salah satu UPT di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat yang melaksanakan tugas dan fungsi Penelitian Kemasyarakatan (LITMAS), Pembimbingan, Pengawasan, dan Pendampingan.

Untuk menjalankan tugas dan fungsi tersebut Bapas memiliki pejabat fungsional tertentu yakni Pembimbing Kemasyarakatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabapas Polewali, Hery Kusbandono, usai pelaksanaan diversi yang dilakukan oleh PK jajarannya, Selasa (11/1/2022)

“Merujuk dari UU SPPA Pembimbing Kemasyarakatan (PK) mulai melaksanakan tugas dari tahap Pra-Adjudikasi sampai pada tahap Post-Adjudikasi. Salah satu tugasnya yakni menjadi wakil fasilitator pada proses diversi mulai dari tingkat Kepolisian, Kejaksaan, sampai pada tingkat Pengadilan.

Kembali merujuk pada UU SPPA Diversi merupakan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana," jelas Hery.

Hery menambahkan, pada tahun 2021, Bapas Polewali menerima permintaan litmas anak sebanyak 240.

Diantaranya ada litmas untuk sidang peradilan, litmas untuk saksi dan korban, litmas keperluan diversi, dan litmas integrasi PB/CB.

Khusus untuk litmas diversi PK Bapas menyelesaikan sebanyak 91 litmas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved