Breaking News:

DDI Polman

Mahasiswa Perbankan Syariah IAI DDI Polman Ikuti Bimtek Penulisan Skripsi

Terutama generasi berikutnya. Tulisan dihasilkan itu tidak hanya di skripsi, tapi bisa masuk di Sinta atau prosiding-lah, atau bisa call paper.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAI DDI Polewali Mandar mengikuti kegiatan "Bimbingan Teknis Penulisan Proposal Penelitian (Skripsi S1)" Selasa (11/1/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, POLMAN- Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam membuat karya ilmiah yang orisinil bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar terus digalakkan.

Upaya ini dimaksudkan agar dalam proses penulisan dan karya skripsi yang dihasilkan, makin baik dan terbebas dari plagiasi.

Dalam rangka itu, Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAI DDI Polewali Mandar, menggelar kegiatan "Bimbingan Teknis Penulisan Proposal Penelitian (Skripsi S1)" bagi mahasiswa.

Kegiatan yang dibuka Rektor IAI DDI Polewali Mandar, DR H Anwar Sewang dan menghadirkan pemateri Murniati berlangsung di Kampus IAI DDI Polewali Mandar, Jl Gatot Subroto, Madatte, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Perkuat Kerja Sama Bilateral Indonesia dan Jepang untuk Inovasi dan Ekonomi Berkelanjutan

Baca juga: Nelayan Mamuju Temukan Pari Raksasa Mengapung dengan Kondisi Lemas, Begini Wujudnya

Bimbingan ini diikuti 52 peserta mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI DDI Polewali Mandar.

"Selaku Rektor, saya berharap agar mahasiswa yang telah mengikuti bimtek ini, mampu membuat skripsi yang sesuai dengan kebutuhan ke depan. Yang kedua, kemampuan membuat (skripsi)

Itu diharapkan mampu dibuat oleh mahasiswa itu sendiri. Bukan karena dibuatkan, menyalin, apalagi meng-copy paste skripsi yang telah ada. Lebih baik, pemberdayaan pembimbing bekerja sama mahasiswa yang telah ada," ujar Anwar Sewang dalam rilisnya.

Sementara itu Wakil Rektor I IAI DDI Polman, Dr H Basri Mahmud berharap sudah saatnya setiap program studi yang ada di kampus untuk mendorong dan bisa senantiasa melaksanakan kegiatan bimtek penulisan akademik.

"Mestinya memang setia prodi melakukan kegiatan Academic Writing atau sama dengan itu, karena melihat keadaan, kondisi mahasiswa kita yang masih yang belum ahli di bidang penelitian," jelasnya.

Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAI DDI Polewali Mandar mengikuti kegiatan
Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAI DDI Polewali Mandar mengikuti kegiatan "Bimbingan Teknis Penulisan Proposal Penelitian (Skripsi S1)" Selasa (11/1/2022). (Ist/Tribun-Sulbar.com)

Ia juga berharap mahasiswa yang sekarang ini dapat setingkat atau sama dengan mahasiswa di tempat lain yang karyanya itu bisa dimuat dalam jurnal-jurnal yang sudah bersinta.

"Mahasiswa kita, ada yang (tulisannya) sudah di muat di jurnal Sinta, tetapi nanti sudah lulus. Kalau di tempat lain itu, bahkan ada yang lulus tanpa skripsi karena beberapa tulisannya sudah dimuat di Sinta 2," tuturnya.

Oleh karena itu, Basri Mahmud berkeinginan beberapa kegiatan termasuk academic writing khususnya di Prodi Perbankan Syariah bisa mengerucut ke sana.

Terutama generasi berikutnya. Tulisan dihasilkan itu tidak hanya di skripsi, tapi bisa masuk di Sinta atau prosiding-lah, atau bisa call paper.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved