Breaking News:

Kapolres Polman Gelar Pertemuan Unsur Muspida dan Masyarakat Terkait TPA Balanipa

TPA Balanipa rencana akan dijadikan tempat pengolahan akhir sampah yang hasil olahnya mempunyai nilai ekonomis.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Kepala Kepolisian Resor (Polres) Polewali Mandar, AKBP Agung Budi Leksono menggelar pertemuan dengan unsur muspida dan sejumlah tokoh masyarakat Balanipa terkait TPA, Sabtu (8/1/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, POLMAN - Polemik pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, masih terus bergulir.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Polewali Mandar, AKBP Agung Budi Leksono pun menggelar pertemuan dengan unsur muspida dan sejumlah tokoh masyarakat di Kecamatan Balanipa.

Pertemuan yang membahas adanya penolakan masyarakat Balanipa atas pemindahan TPA ke Balanipa berlangsung di Kantor Kecamatan Balanipa, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: TPA Polman Dipindahkan ke Balanipa, DLHK: Yang Melakukan Survei Bukan Kami

Warga dan pemuda Balanipa berjaga-jaga di jalur masuk lokasi yang akan dijadikan TPA Sampah, Kamis (6/1/2022).
Warga dan pemuda Balanipa berjaga-jaga di jalur masuk lokasi yang akan dijadikan TPA Sampah, Kamis (6/1/2022). (Tribun-Sulbar.com/Hasan Basri)

Menurut AKBP Agung Budi Leksono bahwa kesimpulan pelaksanaan rapat mengharapkan permasalahan sampah dapat dipikirkan bersama tanpa adanya tindakan yang dapat menggangu siskamtibmas di Kabupaten Polman.

Utamanya Kecamatan Balanipa menjadi tidak kondusif.

"Saling bekerja sama dengan cara Sosialisasi sambil berjalan karena saat ini sampah di Kabupaten Polman volumenya semakin bertambah," ucapnya.

Produksi sampah di Kabupaten Polman perhari bisa mencapai 40 sampai 50 ton.

Ia meminta kepada pihak terkait utamanya pihak pemerintah Kecamatan Balanipa untuk mensosialisasikan mengenai TPA nantinya.

TPA Balanipa rencana akan dijadikan tempat pengolahan akhir sampah yang hasil olahnya mempunyai nilai ekonomis.

"Apabila TPA baru tetap akan dioperasikan agar Dinas terkait menyampaikan kepada Bupati. Polman untuk segera mungkin memindahkan alat pengolahan yang ada di TPA Paku ke TPA Baru di Kelurahan Balanipa," paparnya.

Rencana Dinas PU akan melakukan pengangkutan sampah ke TPA Baru pada hari Minggu 9 Januari 2022. Ia meminta kerja sama dari instansi dan pihak terkait.

Selanjutnya Kapala Dinas PU bersama dengan Kasatpol PP, Pemerintah setempat dan Personil Polri dan Kodim 1402 Polmas memantau TPA Baru di Kelurahan Balanipa.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved