Tribun Health

Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Lelah dan Mata Minus

Penggunaan komputer jangka lama dapat mempengaruhi kesehatan mata antara lain terjadinya progresivitas miopia.

Editor: Hasrul Rusdi
makassar.tribunnews.com
Ilustrasi - Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Lelah dan Mata Minus 

TRIBUN-SULBAR.COM - Laptop dan smartphone menjadi perangkat elektronik yang paling banyak digunakan selama Pandemi Covid-19.

Kedua benda tersebut menjadi alat kerja dan media belajar serta bermain selama pembatasan aktivitas di luar rumah selama Pandemi Covid-19.

Situasi ini dapat menyebabkan mata cepat lelah hingga mengakibatkan mata minus (miopia).

Meski tidak berbahaya, namun jika dibiarkan Mata Lelah dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Sementara itu pada kasus Miopia, Dr. dr. Ariesanti Tri Handayani, Sp M(K), dari Siloam Hospitals Bali mengatakan, mata minus atau miopia terjadi karena cahaya yang masuk kedalam mata jatuh di depan retina mata.

Hal ini dipicu oleh panjang bola mata yang bertambah atau kemampuan mata dalam memfokuskan cahaya sehingga objek yang jauh terlihat buram.

"Ada dampaknya pada mata, yaitu terbagi dua, mata lelah atau mata kering yang disebabkan karena Computer Vision Syndrome (CVS), dan Akomodasi karena jangka lama yang diakibatkan adanya penambahan ukuran refraksi (miopia) yang progresif," tutur dr. Ariesanti, dalam kegiatan edukasi secara virtual, baru-baru ini.

Computer Vision Syndrome (CVS) sendiri merupakan masalah pada organ mata dan penglihatan yang bersifat kompleks, terkait dengan fungsi mata dalam aktivitas dekat yang berhubungan dengan komputer.

"Gambar pada layar komputer memiliki batas yang tidak tegas sehingga mata akan berusaha untuk memfokuskan bayangan saat melihat layar komputer. Dan usaha memfokuskan bayangan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan kelelahan pada otot mata (akomodasi), sehingga otot mata menjadi tegang dan menimbulkan gejala eye strain atau asthenopia sehingga terjadi CVS," jelas dr. Ariesanti.

Faktor Risiko dari CVS

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved