Breaking News:

Virus Omicron di Indonesia

Omicron Masuk Indonesia, Ikatan Dokter Anak Keluarkan 8 Imbauan untuk Orang Tua

Pengurus pusat IDAI merilis rekomendasi terkait dengan libur sekolah 25 Desember 2021.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
Tribun-Sulbar.com/Hasan Basri
Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 035 Paku, Kecamatan Binuang, Polman mengikuti PTM, Senin (6/9/2021). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Pengurus pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan rekomendasi terkait dengan libur sekolah 25 Desember 2021.

Rekomendasi terebut disampaikan dengan mempertimbangkan pengalaman menyoal naiknya kasus Covid 19 yang biasanya terjadi usai masa libur.

Dan terdeteksinya varian baru virus corona yakni Omicron di Indonesia.

Piprim  Basarah Yanuarso, Ketua IDAI menyampaikan, terkait dengan transmisi dan keparahan akibat varian Omicron masih dibutuhkan pengamatan lebih lanjut.

Oleh sebab itu, rekomendasi terkait dengan libur sekolah yang disampaikan oleh IDAI bisa menjadi pedoman bagi orang tua.

ILUSTRASI Varian Omicron (B.1.1.529). Dokter di Afrika Selatan yang pertama kali menyadari ada varian baru Covid-19 mengatakan, gejala varian Omicron sangat ringan seperti infeksi virus umumnya.
ILUSTRASI Varian Omicron (B.1.1.529). Dokter di Afrika Selatan yang pertama kali menyadari ada varian baru Covid-19 mengatakan, gejala varian Omicron sangat ringan seperti infeksi virus umumnya. (kompas.com)

Baca juga: TKA Positif Covid-19 Varian Omicron Masuk Sulawesi, Sekprov Sulbar Minta Dinkes Lakukan Ini

Baca juga: Artemisinin Obat yang Dianggap Ampuh Memerangi Covid 19, WHO: Perlu Pengujian Lebih Lanjut

Adapun rekomendasi IDAI tersebut yakni:

1. Mengambil kesempatan libur panjang untuk melengkapi imunisasi rutin dan imunisasi Covid-19 sesuai rekomendasi IDAI sebelumnya.

2. Orangtua tidak perlu khawatir untuk memvaksinasi Covid-19 pada anak yang telah diperbolehkan melakukan vaksinasi.

3. Untuk keluarga yang memiliki anak usia di bawah 6 tahun hendaknya menggunakan prinsip cocooning (melengkapi imunisasi semua anggota keluarga untuk memberikan perlindungan kepada anggota keluarga yang tidak bisa mendapatkan imunisasi).

4. Tetap terus menjaga protokol kesehatan secara ketat dan disiplin dengan menggunakan masker pada anak di atas 2 tahun, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan baik bagi yang sudah mendapatkan vaksin maupun belum.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved