Breaking News:

La Nyalla Minta Pemerintah Tegas Terhadap China Terkait Wilayah ZEE di Sekitar Area Kepulauan Natuna

Menurut LaNyalla, yang sedang reses di Jawa Timur, sengketa akibat arogansi China itu harus disikapi serius.

Editor: Ilham Mulyawan
La Nyalla for Tribun-Sulbar.com
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti Minta pemerintah menyikapi sengketa di Laut China Selatan. 

TRIBUN-SULBAR.COM - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung langkah pemerintah yang menyerukan agar negara-negara ASEAN berkoalisi menyikapi sengketa di Laut China Selatan.

Menurut LaNyalla, yang sedang reses di Jawa Timur, sengketa akibat arogansi China itu harus disikapi serius.

"Pemerintah Indonesia harus memiliki sikap tegas terhadap arogansi Beijing, China, terhadap kedaulatan atas wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di dekat Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau," katanya, Kamis (30/12/2021) seperti dikutip dari rilis yang diterima.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, sengketa bukan hanya melibatkan Indonesia.

"Sengketa di kawasan Laut China Selatan itu terkait juga dengan keamanan dan kepentingan beberapa negara. Untuk itu, Bakamla Indonesia menyerukan koalisi negara-negara Asia Tenggara menyikapi ancaman yang ada serta bersama-sama menyikapi sengketa Laut China Selatan," tukasnya.

Negara-negara Asia Tenggara yang dimaksud adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam, yang direncanakan untuk bertemu Februari 2022.

"KIta harus mendorong agar negara-negara koalisi dan berkepentingan dapat menumbuhkan persaudaraan dan kekuatan untuk menghadapi perselisihan maritim dan teritorial dengan China. Arogansi China harus dihadapi bersama," katanya.

LaNyalla juga mendorong agar Singapura dapat bergabung dengan kepentingan pelestarian jalur laut internasional yang bebas dan terbuka. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved