Breaking News:

Kemenkes Imbau Masyarakat Tunda Destinasi ke Arab Saudi, Tanda Umrah Masiih Belum Dibuka?

Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat agar tak melakukan perjalanan ke luar negeri utamanya ke Turki dan Arab Saudi.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
Freepik.com
Ilustrasi - Virus Corona Varian Omicron. 

TRIBUN-SULBAR.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui juru bicara Siti Nadia Tarmizi meminta kepada semua masyarakat untuk menunda perjalanan ke luar negeri, khususnya ke Turki dan Arab Saudi.

Pasalnya 21 kasus varian baru virus corona yakni Omicron tersebut adalah pelaku perjalanan internasional yang terdiri dari 16 warga negara Indonesia (WNI) dan lima warga negara asing (WNA).

Para pelaku perjalanan internasional itu paling banyak datang dari Turki dan Arab Saudi.

"Adanya kasus Omicron Indonesia karena adanya perjalanan dari beberapa negara seperti Arab Saudi dan Turki, sehingga masyarakat diimbau untuk mempertimbangkan berlibur ke sana," kata Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi Covid 19, Kemenkes, dikutip dari laman resmi Kemenkes, Kamis (30/12/2021).

Sampai dengan saat ini, temuan kasus Covid 19 varian Omicron di Indonesia paling banyak datang dari pelaku perjalanan luar negeri.

ILUSTRASI Varian Omicron (B.1.1.529). Dokter di Afrika Selatan yang pertama kali menyadari ada varian baru Covid-19 mengatakan, gejala varian Omicron sangat ringan seperti infeksi virus umumnya.
ILUSTRASI Varian Omicron (B.1.1.529). Dokter di Afrika Selatan yang pertama kali menyadari ada varian baru Covid-19 mengatakan, gejala varian Omicron sangat ringan seperti infeksi virus umumnya. (kompas.com)

Baca juga: Kemenkes: Penyintas Covid 19 Bisa Divaksinasi Setelah Satu Bulan Dinyatakan Sembuh

Baca juga: 113 Pasien Dinyatakan Meninggal Karena Covid 19, Pasien Meninggal Sebanyak 141.939 Kasus

Oleh sebab itu, pemerintah perlu melakukan pengetatan di pintu masuk negara khususnya di perbatasan laut dan darat.

"Positivity rate di pintu masuk laut dan darat 10 kali lebih tinggi daripada di udara," jelasnya.

Tak hanya itu, Siti Nadia Tarmizi juga mengimbau kepada semua masyarakat agar mengurangi mobilitas dan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Kesadaran diri dan menahan keinginan berpergian harus dilakukan. Saya meminta masyarakat untuk bekerja sama mencegah penularan virus Covid-19-19 dengan menahan diri tidak bepergian," bebernya.

Kini, total kasus Covid 19 varian baru virus corona yakni Omicron mencapai 68 kasus.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved