Breaking News:

OPINI

UU Cipta Kerja Inkonstitusional Bersyarat, Bukti Ketidakadilan?

Dan berdasarkan putusan ini MK menjadi sorotan karena ini pertama kalinya mengabulkan pengujian formil UU yang ssudah jelas jelas cacat.

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Satriah, Pengurus MT Mar Atul Mut Mainnah 

Oleh: Satriah, Pengurus MT Mar Atul Mut Mainnah

UU Cipta Kerja yang menurut DPR dan Pemerintah akan menyerap banyak tenaga kerja Indonesia masih menuai polemik.

Namun, mirisnya putusan ini tidak serta merta membatalkan UU Cipta Kerja ini, sebaliknya justru MK menetapkan UU ini sebagai UU Inkonstitusional Bersyarat.

Dan berdasarkan putusan ini MK menjadi sorotan karena ini pertama kalinya mengabulkan pengujian formil UU yang ssudah jelas jelas cacat.

Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang, Feri Amsari, pun menilai putusan inkonstitusional bersyarat tersebut janggal.

Ia menilai ketika MK sudah memutuskan menyatakan UU Ciptaker cacat formil, maka secara tegas seharusnya MK dapat menyatakan batal seluruhnya.

Sementara, menurut dia, putusan MK tersebut seolah menjadi jalan tengah yang membuat bingung pembentuk UU dan masyarakat.

Bukti Ketidakadilan?

Siapapun bisa menilai bahwa putusan MK terkait UU Cipta Kerja Inkonstitusional dan bersyarat adalah bentuk ketidakadilan terhadap rakyat.

Itu karena terdapat pasal-pasal yang memuluskan jalan pengusaha melakukan investasi padat modal di Indonesia. Terutama birokrasi dan perizinan serta aturan yang mengikat dan memberatkan para pekerja.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved