Breaking News:

Hanya di Masa Pandemi Pembagian Rapor Anak Sekolah Pun Diatur Regulasi Terkait Protokol Kesehatan

Kemendikbud Ristek menerbitkan SE terbaru yang mengatur tentang pembagian rapor semester satu dan liburr sekolah periode Nataru ini.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
Tribun-Sulbar.com/Hasan Basri
Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 035 Paku, Kecamatan Binuang, Polman mengikuti PTM, Senin (6/9/2021). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Pemerintah mengeluarkan aturan terbaru terkait dengan libur sekolah dan pembagian rapor pada periode Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kebijakan baru tersebut dibuat setelah pemerintah mencabut kebijakan lama, yakni Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid 19 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Menyoal Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021, pihak pemerintah melalui Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) lebih lanjut mengatur tentang pembagian rapor semester satu dan libur sekolah.

Kemendikbud Ristek kemudian mengeluarkan Surat Edaran Nomor 32 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Melalui SE 32/2021 ini Kemendikbud Ristek menyampaikan tujuh aturan baru berkaitan dengan pembagian rapor dan libur sekolah pada masa Nataru:

Surat Edaran (SE) baru tentang penyelenggaraan pembelajaran
Surat Edaran (SE) baru tentang penyelenggaraan pembelajaran libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2021

Baca juga: Cegah Klaster PTM Terbatas di Sekolah: Pemerintah Terapkan Strategi Prokes dan Deteksi

Baca juga: SMPN 1 Mamuju Siap Gelar PTM Terbatas, Sediakan Cek Suhu Tubuh dan Wadah Cuci Tangan

1. Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya setiap tahun menetapkan kalender pendidikan yang memuat permulaan tahun ajaran, pengaturan waktu belajar efektif, dan pengaturan waktu libur.

2. Satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah tetap melaksanakan pembelajaran, pembagian rapor semester 1 (satu), dan libur sekolah tahun ajaran 2021/2022 sesuai dengan kalender pendidikan tahun ajaran 2021/2022 yang telah ditetapkan sebagaimana dimaksud pada angka 1.

3. Satuan pendidikan tidak diperkenankan menambah waktu libur selama periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 di luar waktu libur semester dalam kalender pendidikan yang ditetapkan pemerintah daerah sebagaimana dimaksud pada angka 2.

4. Pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah tetap melaksanakan tugas kedinasan di satuan pendidikan sesuai dengan kalender pendidikan.

5. Memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.

6. Mengimbau orang tua/wali peserta didik agar mengizinkan dan mendorong anaknya yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk divaksinasi Covid-19.

7. Menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang lebih ketat di satuan pendidikan dengan pendekatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/ hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan) dan 3T (testing, tracing, treatment).

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved