Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Bupati Polman Ibrahim Masdar Keluarkan Imbauan Antisipasi Banjir Rob & Gelombang Tinggi

Imbauan itu disampaikan dalam bentuk surat edaran dan diberikan kepada seluruh camat untuk diteruskan ke masing masing lurah atau kades.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Munawwarah Ahmad
Tribun Sulbar / Hasan Basri
dampak banjir Rob atau gelombang pasang, sebuah pohon kelapa tumbang di Polman. 

TRIBUN-SULBAR. COM, POLMAN - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Sulawesi Barat (Sulbar) berpotensi dilanda banjir rob dan gelombang tinggi, termasuk Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Pemerintah Kabupaten Polman saat ini telah mempersiapkan langkah antisipasi potensi bencana tersebut.

"Jadi upaya yang dilakukan antara lain, pak bupati telah mengeluarkan imbauan kewaspadaan akan bencana hidrometeorologi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polman, Andi Afandi Rahman kepada tribun, Senin (13/12/2021).

Imbauan itu disampaikan dalam bentuk surat edaran dan diberikan kepada seluruh camat untuk diteruskan ke masing masing lurah atau kades.

Mereka diminta agar imbauan ini disampaikan di tempat ibadah umum terkait kewaspadaan akan bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi seperti, banjir, banjir bandang, longsor, cuaca ekstrem, gelombang tinggi dan angin kencang atau angin puting beliung.

"Selain itu kami aktifkan WAG (WhatsApp grup) Polman siaga bencana yang didalamnya berisi semua stakeholder kecamatan untuk segera melaporkan setiap ada keadian bencana di wilayahnya masing masing masing, " sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  memprediksi banjir pesisir atau rob  masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Termasuk di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar).

Sulbar masuk dalam daftar daerah yang berpotensi banjir rob dan gelombang tinggi mulai 18 sampai 22 Desember.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved