Breaking News:

OPINI

Korupsi Tiada Henti, Apa Penyebabnya?

Keserakahan berpotensi dimiliki setiap orang dan bisa jadi akan mendorong seseorang menjadi pelaku korupsi.

Editor: Hasrul Rusdi
TribunSumsel
Ilustrasi - Hari Anti Korupsi 

Oleh: Hamsina Halik, A. Md.
Pegiat Literasi Revowriter dan Penulis Buku Antologi Bunda Didik Aku Menuju Mukallaf

Bak jamur di musim hujan. Kasus korupsi di negeri ini, makin hari makin meningkat. Tak kunjung habis. Pun, berbagai upaya dilakukan tetap saja terjadi.

Hingga dibuat lembaga khusus untuk menangani berbagai kasus korupsi, namun tak jua mengurangi jumlah kasus korupsi.

Di Sulawesi Barat (Sulbar) sendiri, tepatnya di Mamuju, beberapa waktu lalu telah ditetapkan oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat sebanyak empat tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Mamuju tahun 2018 di Sulawesi Barat.

Dilansir dari kompas.com, bahwa Penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat telah menetapkan empat orang tersangka terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Mamuju tahun 2018 pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Barat.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021).

Korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang merugikan banyak pihak. Untuk menumbuhkan kesadaran publik terkait bahaya laten korupsi, ditetapkanlah Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) setiap 9 Desember.

Sejarah Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati pada 9 Desember ini dilatarbelakangi oleh munculnya kesadaran untuk mengakhiri dampak buruk korupsi.

Pun, di Hari Anti Korupsi sedunia ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tekankan pentingnya penindakan kasus korupsi secara tegas dan tanpa pandang bulu.

Selain memberikan efek jera kepada pelaku korupsi, hal itu harus dilakukan dalam rangka menyelamatkan uang negara. Ia menilai jika korupsi adalah kejahatan luar biasa yang memiliki dampak luar biasa. (tribun-sulbar.com, 09/12/2021)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved