Nataru 2021

Inmendagri Baru Terkait Pembatasan Kegiatan Masyarakat Sedang Disusun dan Terbit Besok

Pemerintah saat ini tengah menyusun Inmendagri baru yang akan menjadi dasar peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Masa Natal dan Tahun Baru 2022

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
kominfo.go.id
Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Marves 

TRIBUN-SULBAR.COM - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan, Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan menjadi dasar peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Masa Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) masih disusun.

Inmendagri baru tersebut akan menggantikan aturan sebelumnya, yaitu Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid 19 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Masih disusun dan dikoordinasikan dengan berbagai kementerian dan lembaga," kata Syafrizal ZA, Direktur Jendral Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri.

"Maksimal akan diterbitkan besok," tambahnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah indonesia selama periode Nataru batal dilaksanakan.

Pemerintah resmi membatalkan kebijakan penerapan PPKM level 3
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (7/12/2021). Pemerintah resmi membatalkan kebijakan penerapan PPKM level 3 yang rencananya diterapkan di masa Natal dan Tahun Baru dan akan mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku dengan tambahan pengetatan.

Baca juga: Perintah Presiden Jokowi Soal PPKM Level 3 di Wilayah Indonesia, Simak Arahannya Berikut Ini

Baca juga: PPKM Level 3 Seluruh Indonesia, Dinkes Sulbar: Apapun Kebijkan dari Pusat Kita Harus Dukung

Sebagai gantinya, pemerintah akan menerapkan aturan baru yang lebih seimbang dan tidak menyamaratakan perlakuan untuk semua wilayah Indonesia.

"Pemerintah memutuskan untuk tidak menerapkan aturan PPKM level 3 pada periode Natal dan Tahun Baru terhadap semua wilayah di Indonesia," ucap Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves).

Luhut juga menegaskan jika akan ada evaluasi dari Inmendagri maupun surat edaran pemerintah yang sebelumnya menjadi dasar aturan penerapan PPKM level 3 untuk periode libur Nataru.

Pembatalan PPKM level 3 ini sejatinya dilakukan karena saat ini situasi Covid 19 di Indonesia cenderung membaik.

Sehingga memungkinkan untuk berjalannya aktivitas masyarakat di ruang publik.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved