Breaking News:

OPINI

Kekerasan Terhadap Anak Kerap Terjadi, Kemana Mereka Harus Mencari Ketenangan dan Keamanan?

Kekerasan terhadapa anak, terutama kekerasan seksual sering mereka dapati dari orang-orang terdekatnya.

Editor: Ilham Mulyawan
stikku.ac.id
Ilustrasi Kekerasan pada anak (Sumber: stikku.ac.id) 

Oleh Nurmaningsih (Ummu Afifah)
- Anggota Majelis Taklim Mar'atul Mutmainnah (Desa Lombong,Malunda).
- Komunitas Writing Class With Has (WCWH) yang bergerak dalam bidang kepenulisan secara online.

TRIBUN-SULBAR.COM - Orang tua yang seharusnya menjadi pengayom dan pelindung bagi anak-anaknya dari bahaya apapun, namun kini justru orangtualah yang menjadi sumber bahaya bagi anak-anaknya.

Kekerasan terhadap anak, terutama kekerasan seksual sering mereka dapati dari orang-orang terdekatnya. Jika sudah demikian, kemana anak mencari ketenangan dan keamanan?

Beberapa waktu lalu, cerita seorang ibu yang berjuang untuk mendapatkan keadilan bagi ketiga anaknya yang menjadi korban pelecehan seksual, viral di media sosial.

Dalam cerita tersebut, seorang ibu berinisial RS melaporkan mantan suaminya (SU) atas dugaan pemerkosaan kepada tiga anak kandungnya di Polres Luwu Timur pada 2019 lalu. (tribunnews.com, 09/10/2021).

Di Gowa, Sulawesi Selatan, orang tua mencongkel mata anaknya yang diduga tumbal pesugihan. Di Tanjung Jabung Timur, Jambi, beredar rekaman video oleh warga setempat dimana seorang ayah melempar anaknya ke sungai habitat buaya.

Sementara di Garut, Jawa Barat, seorang balita di temukan dengan wajah penuh luka dan sempat diduga sengaja dibuang oleh orang tua kandungnya sendiri usai jatuh dari motor.

Dilansir dari dpr.go.id pada 17 Oktober 2021, disebutkan bahwa Anggota Komisi VIII DPR RI Arwan M. Aras menegaskan, perempuan dan anak penting diedukasi agar tidak menjadi korban kekerasan. Saat ini, angka kekerasan terhadap perempuan dan anak cukup tinggi, dengan adanya edukasi ini Arwan berharap edukasi ke semua lapisan masyarakat hingga pelosok desa harus dilakukan.

Arwan mengungkapkan hal ini saat menggelar Sosialisasi Kebijakan Perlindungan Hak Perempuan Dalam Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap Perempuan, bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Rabu (13/10/2021).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved