Breaking News:

Berita Mamasa

Mahasiswa KKN UNM Motivasi Siswa di Pelosok Mamasa Agar Lanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Dia mengatakan, bahwa semua orang harus mengetahui apa yang akan dicapai dan memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mencapainya

Penulis: Semuel Mesakaraeng | Editor: Ilham Mulyawan
Dokumentasi SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur
Para siswa SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur saat mengikuti seminar motivasi pendidikan yang bertema “Menggapai Mimpi Meraih Prestasi untuk Masa Depan yang Gemilang” yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur, Desa Salumokanan, Kecamatan Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa, Senin (29/11/2021). 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMASA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) angkatan XXIII Universitas Negeri Makassar (UNM), memotivasi siswa pelosok di Mamasa, Sulawesi Barat agar melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Motivasi tersebut diwujudkan melalui salah satu program kerja yaitu seminar motivasi pendidikan yang bertema “Menggapai Mimpi Meraih Prestasi untuk Masa Depan yang Gemilang” yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur, Desa Salumokanan, Kecamatan Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa, Senin (29/11/2021).

Camat Rantebulahan Timur, Elim Tupalangi
Camat Rantebulahan Timur, Elim Tupalangi (tengah) foto bersama Kepala SMK Negeri 1 Rantebulahan TImur dan para mahasiswa UNM

turut hadir sebagai pemateri.

Dia mengatakan, bahwa semua orang harus mengetahui apa yang akan dicapai dan memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mencapainya.

Selain itu menurut Elim, dalam menggapai impian seseorang tidak bisa lepas dengan nilai-nilai spiritual.

"Dengan keluarga yang tidak berkecukupan, akan tetapi nilai-nilai kedisiplinan dan pendidikan yang dibangun dari lingkungan keluarga dapat membuat saya bisa seperti ini, selain itu saya selalu mengandalkan tuhan dalam setiap kehiidupan saya,” kata Elim Tupalangi.

Pemateri lainnya, Kepala SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur, Erni Selain membagikan pengalaman selama menempuh jenjang pendidikan.

“Dulu saya peringkat 33 dari 34 siswa di sekolah saya, akan tetapi dengan semangat dan pantang menyerah, saya terus melanjutkan pendidikan hingga sampai pada posisi saya saat ini yaitu Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur,” jelas Erni S.Pd.

Kepala SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur, Erni Selain
Kepala SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur, Erni Selain memberikan cinderamata kepada mahasiswa UNM usai seminar motivasi pendidikan yang bertema “Menggapai Mimpi Meraih Prestasi untuk Masa Depan yang Gemilang” yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur, Desa Salumokanan, Kecamatan Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa, Senin (29/11/2021).

Kedua pembicara ini ialah putra dan putri terbaik Rantebulahan Timur yang telah meraih cita-citanya, dengan jenjang pendidikan yang tinggi diharap beliau bisa memberikan motivasi dan inspirasi untuk siswa agar lebih giat dalam belajar untuk dapat meraih kesuksesan.

Adapun peserta dari seminar kali ini ialah siswa-siswi SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur. Dalam kegiatan ini para siswa tampak sangat antusias, dengan pembawaan pemateri yang menarik membuat para siswa terinspirasi dengan berbagi pengalaman dan ilmu dari para pembicara.

“Kegiatan seperti ini baru saya dapatkan disini,tentunya sangat menginspirasi pengalaman beliau dalam mencapai cita-citanya” kata salah satu siswa, Marcel.

Koordinator Sekolah KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar, Saudara Taufiq Hidayat berjarap dengan hadirnya seminar ini, bisa membuka pola pikir siswa agar tetap semangat dalam belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Kami berharap dengan adanya seminar motivasi pendidikan ini tentunya diharapankan bisa menambah pengetahuan, semangat, dan menjadi inspirasi untuk lebih giat dalam mewujdkan impian atau meraih prestasi-prestasi yang hebat dalam lingkup pendidikan, seperti halnya pembicara kita pada hari ini,” jelasnya. (**)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved