Breaking News:

Elite Pro Academy 2021

Gelar Juara EPA Hingga Predikat Pelatih dan Pemain Terbaik, 2021 Tahun Luar Biasa untuk Akademi PSM

Dalam gelaran Elite Pro Academy, selain menyabet gelar juara, sejumlah pemain Akademi PSM juga meraih predikat terbaik.

Editor: Ilham Mulyawan
Nurhadi/Tribun-Sulbar.com
Febrianto Wijaya 

TRIBUN-SULBAR.COM - PSM Makasssar U-16 keluar sebagai juara Mola Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16, usai mengalahkan Persib Bandung U-16 di babak final, yang diselenggarakan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Kamis (25/11/2021) lalu.

Bagi Direktur Akademi PSM Makassar, Febrianto Wijaya, hasil yang dicapai PSM U-16 binaannya merupakan pencapaian luar biasa.

Febri - sapaan akrabnya mengatakan, meski masih dalam masa pandemi, tahun 2021 merupakan tahun yang sangat luar biasa untuk Akademi PSM.

Dalam gelaran Elite Pro Academy, selain menyabet gelar juara, sejumlah pemain Akademi PSM juga meraih predikat terbaik.

Adit Wijaya ( PSM U-16 ) dan Ricky pratama (PSM U-18) menjadi top skor dengan masing-masing 10 dan 27 goal.

Kemudian Arjuna Tri (PSM U-16 ) menjadi best player, Erik Saputra ( Pelatih PSM U-16 ) menjadi best coaches.

Lalu Sultan Zaky (Timnas U16), Ibnul dan Mufli ikut program garuda select jilid IV di jerman, Inggris dan Ital.

"Ada pula delapan pemain kami dipanggil seleksi timnas U-18 persiapan piala dunia U-20 untuk 2023, ada Rafly Asrul, Ricky Pratama, Fadel Muhammad, Dzaky, Renaldi, Edgard Amping, Ibnul Mubarak, Meuthio serta beberapa pemain di dua kelompok usia. Ini menunjukan tren yang signifikan dan layak dicoba di tim senior," katanya lagi.

Tim PSM Makassar U-16 Juara Elite Pro Academy
Tim PSM Makassar U-16 Juara Elite Pro Academy (Febrianto Wijaya untuk Tribun-Sulbar)

"U18 bermain sangat impresif dibabak penyisihan dengan mencatatkan banyak rekor tidak terkalahkan selama 20 pertandingan,produktifitas terbaik,kemenangan terbesar serta banyak lagi ,demikian pula U16 yang sejak awal kompetisi bermain sangat rapi dengan tingkat kebobolan paling sedikit dalam kontestan epa U16.

"Ini menujukan trend yang baik untuk akademi dari tahun ketahun dan akan menjadi pelecut motivasi lebih kedepan demikian juga akan menjadi bagian evaluasi di bagian-bagian tertentu sehingga kami dapat menciptkan pemain yang ideal untuk PSM dan Indonesia," tambahnya.

Ajang EPA sempat vakum hampir dua tahun karena pandemi covid-19.

TIm PSM Makassar U-16 saat merayakan gol di Elite Pro Academy
TIm PSM Makassar U-16 saat merayakan gol di Elite Pro Academy (PSSI)

Kompetisi ini sekaligus menjadi ajang pencarian bakat bagi klub Liga 1 dan 2, termasuk bagi tim pelatih nasional untuk menjaring pemain guna masuk dalam pemusatan latihan timnas U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia 2023.

Ketu PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, gelaran Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 dan U-18 2021 telah selesai dengan baik, lancar dan tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya berharap pada kompetisi kali ini bisa melahirkan pemain-pemain berbakat untuk menjadi generasi penerus bagi klub-klub Liga 1, Liga 2, bahkan timnas nasional. Kita tahu Piala Dunia 2023 di Indonesia masih dua tahun lagi. Kami berkomitmen untuk menggelar kompetisi ini setiap tahunnya," kata Iwan Bule - sapaan akrabnya.

Selain Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam laga final PSM vs Persib Bandung turut hadir pula Ketua Komdis Erwin Tobing, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, dan Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved