Breaking News:

Haji dan Umrah

Arab Saudi Cabut Larangan Masuk Mulai 1 Desember, Jamaah Indonesia Tak Perlu Karantina

Pemerintah kerajaan Arab Saudi mencabut larangan masuk dari Indonesia mulai 1 Desember.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
arabnews.com
Sebuah gambar menunjukkan aula check-in di bandara Abha di resor pegunungan Abha yang populer di barat daya Arab Saudi pada 31 Agustus 2021. 

TRIBUN-SULBAR.COM - Otoritas penerbangan Arab Saudi (GACA) telah memperbarui aturan penerbangan internasionalnya pada Kamis (25/11/2021).

Aturan terbaru itu adalah pencabutan larangan bepergian enam negara termasuk Indonesia.

Warga Negara Indonesia (WNI) bisa bepergian dari Indonesia ke Arab Saudi tapa perlu karantina selama 14 hari terlebaiah dahulu di negara transit.

Selain Indonesia, kebijakan itu juga diberlakukan untuk lima negara lainnya yaitu Mesir, Pakistan, India, Vietnam, dan Brasil.

Dikutip dari Live Mint, pihak Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengeluarkan arahan untuk mengizinkan pendatang dari keenam negara tersebut masuk ke wilayah Arab Saudi secara langsung.

Peziarah Nigeria berjalan di luar bandara King Abdul Aziz
Peziarah Nigeria berjalan di luar bandara King Abdul Aziz setibanya mereka di kota pelabuhan Laut Merah Jeddah pada 27 November 2008.

Baca juga: Pemerintah Arab Saudi Sebut Indonesia Prioritas Utama untuk Ibadah Umrah

Baca juga: Setoran Awal Hanya Rp 50 Ribu, Begini Cara Buka Tabungan Haji di Bank Muamalat Mamuju

Adapun pendatang dari keenam negara tersebut harus menjalankan karantina selama lima hari terlepas dari status vaksinasinya.

Dan bagi yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh di Arab Saudi, maka dibebaskan dari aturan karantina.

Larangan perjalanan yang diberlakukan oleh Arab Saudi terhadap Indonesia dan sejumlah negara lainnya sudah diberlakukan sejak Februari 2021.

Aturan perjalanan itu sempat diperbarui pada akhir Agustus 2021. Akan tetapi hanya dikhususkan bagi orang-orang yang memiliki izin tinggal di Arab Saudi, baik mukminin atau ekspatriat.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menekankan agar WNI yang melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk mematuhi segaa ketentuan yang telah ditetapkan oleh otoritas Saudi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved