OPINI

Digitalisasi Penyiaran: Siapkah Sulawesi Barat ASO 2022?

Termasuk migrasi penyiaran dari sistem analog ke teknologi digital di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi Barat (Sulbar).

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Firdaus Abdullah, Pendiri/Dewan Pembina Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) Sulawesi Barat. 

Oleh : Firdaus Abdullah
Pendiri / Dewan Pembina Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) Sulawesi Barat

HADIRNYA Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja menjadi dasar hukum dimulainya proses migrasi siaran analog ke digital yang dilakukan paling lambat November 2022.

Keberadaan Undang-undang ini telah menambahkan norma baru dalam regulasi di bidang penyiaran, yaitu penyelenggaraan penyiaran yang dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Termasuk migrasi penyiaran dari sistem analog ke teknologi digital di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi Barat (Sulbar).

Kehadiran digitalisasi penyiaran harus dimaknai sebagai peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi dan pemenuhan informasi.

Peluang tersebut dapat dilihat dari dua sisi, pertama, peluang secara mikro, yakni masyarakat akan mendapatkan kualitas tayangan siaran yang lebih jernih dan keberagaman konten siaran.

Dan kedua, peluang secara makro, di mana dengan era digital memberikan peluang ekonomis atau usaha yang berbasis digital/internet seperti industri kreatif dalam menciptakan konten media baru.

Konsekuensi lain dari digitalisasi penyiaran adalah semakin beragamnya konten siaran yang hadir di masyarakat, selain peluang konten kebudayaan lokal dalam penyiaran juga semakin terbuka luas. Hal ini tentu membuka peluang yang lebih luas bagi pelaku industri penyiaran.

Dampak migrasi televisi digital ini tidak hanya dirasakan oleh industri penyiaran, mengingat digitalisasi penyiaran televisi akan memicu industri kreatif memunculkan keberagaman kanal dan konten program baru.

Selain itu, televisi digital juga memungkinkan timbulnya segmentasi siaran yang lebih spesifik dan beragam.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved