2022 Adalah Golden Moment Indonesia Percepat Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Ini Alasannya

Kondisi tersebut memunculkan optimisme di masyarakat dan kalangan dunia usaha.Hal ini bisa terlihat dari berbagai indikator yang mengalami kenaikan.

Editor: Ilham Mulyawan
ekon.go.id
Menko Airlangga Hartarto saat menghadiri acara 12th Kompas100 CEO Forum dengan tajuk “Ekonomi Sehat 2022” yang diselenggarakan oleh Harian Kompas di Jakarta Convention Center, Kamis (18/11/2021). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Indonesia sedang berada pada masa momentum positif, karena pandemi Covid-19 makin terkendali dengan baik.

Angka effective reproduction number berada di bawah 1.

Artinya wabah dapat dikendalikan.

Kondisi tersebut memunculkan optimisme di masyarakat dan kalangan dunia usaha.

Hal ini bisa terlihat dari berbagai indikator yang mengalami kenaikan.

Di antaranya kredit yang mulai mengalami peningkatan, kemudian Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang berada di level 113,4 pada bulan Oktober 2021.

Lalu Indeks PMI Manufaktur yang mencapai 57,2 di bulan Oktober 2021.

Serta dunia usaha yang mulai melakukan perekrutan kembali yang tercermin dari turunnya tingkat pengangguran.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dengan kondisi ini, Indonesia diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai peluang yang ada untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di tahun depan.

“Ini merupakan golden moment Indonesia untuk melakukan akselerasi pertumbuhan ekonomi. Walaupun masih ada tantangan terkait Covid-19 dan variannya, namun hal itu dapat dimitigasi,” ungkap Airlangga dalam acara 12th Kompas100 CEO Forum dengan tajuk “Ekonomi Sehat 2022” yang diselenggarakan oleh Harian Kompas di Jakarta Convention Center, Kamis (18/11/2021).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved