OPINI

Metode Ceramah Bervariasi dan Pembelajaran Bermain Peran untuk Edukasi Perhitungan Kurs Valuta Asing

Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan

Editor: Ilham Mulyawan
Usman, Guru Ekonomi SMAN 2 Majene
Usman, Guru Ekonomi SMAN 2 Majene 

TRIBUN-SULBAR.COM - Motivasi merupakan salah satu faktor penentu prestasi yang terdapat dalam diri siswa.

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran ekonomi, yakni: siswa kurang menyiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai, rendahnya motivasi belajar siswa, dan siswa belum memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran ekonomi.

Siswa yang kurang termotivasi berdampak pada rendahnya capaian prestasi belajar siswa dengan ketuntasan belajar hanya sebesar 37,7 persen.

Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada materi perhitungan kurs valuta asing maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan memadukan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 2 Majene.

Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar pengamatan untuk mengukur motivasi siswa.

Hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dapat dilihat pada tingkat aktivitas siswa siklus I termasuk dalam kategori aktif, dan pada siklus II mengalami peningkatan termasuk dalam kategori sangat aktif.

Peningkatan motivasi yang ditunjukkan melalui aktivitas belajar siswa berdampak terhadap prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori baik,

Pada siklus II rata-rata termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan tingkat aktivitas guru pada siklus I dengan kategori aktif, dan pada siklus II meningkat dengan kategori sangat aktif.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved