Taman Budaya Buttu Cipping

Taman Budaya Buttu Cipping Wujud Serius Pemerintah Membangun Sektor Seni dan Budaya

Sarana tersebut akan terus dibenahi untuk menjadi kawasan yang menggambarkan Sulbar.

Editor: Nurhadi Hasbi
HUMAS PEMPROV SULBAR
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, memukul gong sebagai tanda peresmian Taman Budaya dan Museum Sulbar di Buttu Cipping, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, resmikan Taman Budaya dan Museum Sulbar, di Buttu Ciping, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu (10/11/2021).

Peresmian dihadiri Raja Gowa ke-38, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III bersama Permaisuri, Andi Hikma Andi Kumala Idjo.

Kemudian Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, Ketua TP PKK Sulbar, Andi Ruskati Ali Baal dan Ketua DWP Sulbar, Kartini Hanafi Idris.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dalam sambutannya mengatakan, Taman Budaya dan Museum Sulbar Buttu Ciping merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap pembangunan di bidang seni dan budaya.

"Hal ini merespon kerinduan masyarakat, terutama para penggiat seni dan budaya terhadap sarana yang representatif untuk pembinaan dan pelestarian seni dan budaya, agar potensi di bidang tersebut dapat didayagunakan,"kata Ali Baal dalam rilis diterima Tribun-Sulbar.com, Kamis (11/11/2021).

Ali Baal berharap, sarana itu dipelihara dengan baik agar memberi nilai manfaat di bidang kesenian dan kebudayaan, seperti pagelaran seni pertunjukan, pameran, sarasehan dan workshop.

Termasuk pameran seni dan koleksi benda-benda pusaka, baik yang berskala lokal, regional, bahkan internasional.

"Sarana ini terbuka bagi pelajar dan mahasiswa untuk pengembangan bakat dan kreativitas, serta untuk pendayagunaan potensinya dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia Sulbar,

termasuk kegiatan pengkajian, penelitian, pendokumentasian dan pelatihan dalam rangka pemeliharaan khasana seni dan budaya Sulbar,"tutur mantan Bupati Polman dua periode itu.

Ia mengatakan, sarana tersebut akan terus dibenahi untuk menjadi kawasan yang menggambarkan Sulbar.

"Pembenahan tentu akan terus dilakukan sesuai dengan kemampuan anggaran Pemprov Sulbar. Kita berharap pemerintah pusat berkenang memberikan bantuan dan dukungan untuk Taman Budaya dan Museum Sulbar ini," ujarnya.

Ali Baal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar dan jajarannya atas kerja kerasnya, menjawab keinginan masyarakat Taman Budaya dan Museum hadir di Buttu Cipping.

Orang nomor satu di Sulbar itu menegaskan, pelestarian kesenian dan kebudayaan bukan hanya tanggungjawab pemerintah.

Namun, masyarakat diharapkan dapat bersama-sama pemerintah serta para penggiat seni dan budaya, dalam pelestarian seni budaya daerah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved