Breaking News:

Tranparansi Diperlukan Guna Meminimalisasi Penyelahgunaan Dana Kotak Amal Sebagai Pendanaan Teroris

Diperlukannya transparansi untuk meminimalisasi penyalahgunaan dana kotak amal sebagai sumber pendanaan jaringan terorisme.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
tribunnews.com
Lokasi penggeledahan di Gang Mahoni 1, Way Halim Permai, Bandar Lampung, Rabu (3/11/2021). Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri amankan 5 CPU dan ratusan kotak amal saat geledah rumah terduga teroris di Bandar Lampung. 

TRIBUN-SULBAR.COM - Soroti soal penyalahgunaan dana kedermawanan sosial atau filantropi untuk pembiayaan kegiatan terorisme, Mustolih Siradj selaku Ketua Indonesia Islamic Lawyers Forum (IILF) menegaskan transparansi sistem sangat dibutuhkan untuk meminimalisasi tindakan yang dapat merugikan.

Pasalnya, ada indikasi oknum lembaga amil zakat (LAZ) yang menyalahgunakan dana kedermawanan sosial untuk pembiayaan terorisme dengan menggunakan dana publik yang dihimpun lewat kotak amal di tempat-tempat dan fasilitas umum.

Aktivitas terorisme dimanapun memang membutuhkan pasokan dana untuk merancang dan melancarkan aksi-aksinya.

Namun, dana filantropi seharusnya digunakan dan dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan bukan malah disalagunakan untuk pendanaan kejahatan terorisme.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved