Hari Sumpah Pemuda

Mahasiswi Unsulbar Kenakan Lipa Saqbe di Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kemendikbud Ristek

Dua mahasiswa Universitas Sulawesi Barat itu adalah Dian Niswati (Teknik Informatika, 2018) dan Sitti Nadirah (Teknik Informatika, 2018).

Penulis: Misbah Sabaruddin | Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Sitti Nadirah (kiri) dan Dian Niswati (kanan) memakai lipa saqbe saat upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh Kemendikbud Ristek di Jakarta, Kamis (28/10/202). 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAJENE - Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) memperkenalkan sarung sutera mandar (lipa saqbe) di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Mereka memakai lipa saqbe saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh Kemendikbud Ristek di Jakarta, Kamis (28/10/202).

Dua mahasiswa Universitas Sulawesi Barat itu adalah Dian Niswati (Teknik Informatika, 2018) dan Sitti Nadirah (Teknik Informatika, 2018).

Keduanya terpilih mewakili Universitas Sulawesi Barat setelah mendapatkan undangan resmi dari Kemedikbud Ristek.

Baca juga: Gubernur Ali Baal Masdar Buka Kejuaraan Tenis Pelti Sulawesi Barat

Baca juga: HUT ke-2 Partai Gelora, Hajrul Malik: Kita Fokus Memenuhi Syarat Verifikasi

Sitti Nadirah (kiri) dan Dian Niswati (kanan) memakai lipa saqbe saat upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh Kemendikbud Ristek di Jakarta, Kamis (28/10/202).
Sitti Nadirah (kiri) dan Dian Niswati (kanan) memakai lipa saqbe saat upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh Kemendikbud Ristek di Jakarta, Kamis (28/10/202). (Ist/Tribun-Sulbar.com)

Dian menjelaskan, selain mengikuti upacara peringatan Sumpah Pemuda, ia juga memperkenalkan budaya Mandar melalui pakaian adat Lipa Saqbe yang digunakan saat upacara.

"Sebagai delegasi kampus, kami memperkenalkan budaya mandar dengan menggunakan pakaian mandar Lipa Saqbe," ujar Dian kepada Tribun-Sulbar, Jumat (29/10/2021).

Ia menambahkan, selain upacara juga ada Talk Show yang dihadiri langsung oleh Menteri Kemendikbud Ristek, Nadiem Makarim.

Sementara, Wakil Rektor I Unsulbar Zulfajri Basri Hasanuddin, merasa senang dan bangga atas kesempatan yang diberikan pada mahasiswa Unsulbar untuk mengikuti langsung upacara Sumpah Pemuda di Jakarta.

"Ya senang dan banggalah tentunya, dua mahasiswa kita mendapatkan kehormatan diundang ke Jakarta mengikuti upacara Sumpah Pemuda," terang Zulfajri

Zulfajri berharap, mahasiswa terus berpartisipasi di kegiatan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Sehingga Universitas Sulawesi Barat terus dilibatkan dalam kegiatan Kemdikbud Ristek.

"Harapan kita tentunya, mahasiswa Unsulbar terus berpartisiiasi dikegiatan Kementerian," tukasnya. (*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com, Misbah Sabaruddin

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved