Universitas Sulawesi Barat

FKIP Universitas Sulawesi Barat Hadiri Workshop Implementasi Kurikulum MBKM di Jakarta

Workshop ini dilaksanakan untuk menguatkan pemahaman konsep dan implementasi kurikulum MBKM.

Penulis: Misbah Sabaruddin | Editor: Nurhadi Hasbi
(Dok FKIP Unsulbar).
Dari kiri ke kanan Wakil Rektor I Unsulbar Zulfajri Basri Hasanuddin, Sekretaris Diktiristek Paristiyanti Nurwardani dan Dekan FKIP Unsulbar Abdullah Pandang. 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAJENE - Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengikuti Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, 24-28 Oktober 2021.

Workshop ini dilaksanakan untuk menguatkan pemahaman konsep dan implementasi kurikulum MBKM.

Termasuk pemenuhan IKU pada Perguruan Tinggi, utamanya pada Perguruan Tinggi baru seperti Universitas Sulawesi Barat.

Selama workshop ada berbagai topik yang didiskusikan.

Seperti konsep dasar kurikulum MBKM, langkah pemenuhan IKU PT, sistem administrasi akademik pada kurikulum MBKM, hingga peran dosen dalam MBKM.

Sekretaris Dirjen Dikti, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemdikbudristek Paristiyanti Nurwardani menjelaskan, kurikulum MBKM merupakan kurikulum yang didesain untuk memberikaan kesempatan kepada mahasiswa memperoleh berbagai pengalaman belajar baik di kelas maupun di luar kelas.

"Mahasiswa diberikan kesempatan untuk memiliki pengalaman belajar 1-3 semester di luar jurusan sesuai dengan passionnya tentu akan membuat mahasiswa memiliki experience yang lebih banyak,” ujar Paristiyanti Nurwardani.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sulawesi Barat, Zulfajri Basri Hasanuddin, mengapresiasi kegiatan workshop kurikulum ini.

Ia berharap dapat bermanfaat untuk Universitas Sulawesi barat secara umum.

Ia mengatakan, akselerasi penyesuaian kurikulum yang dilakukan Dekan FKIP patut dijadikan contoh untuk fakultas lain.

"Saya berharap tim FKIP yang hadir di Jakarta ini bersedia mendiseminasikan ilmu dan informasi yang didapatkan langsung dari tim kementerian kepada civitas Unsulbar yang lain,” tutur Zulfajri.

Beberapa narasumber workshop ini adalah Direktur Belmawa Kemdikbudristek Prof. Aris Junaidi, Koordinator Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikti, Mulyono, serta Kordinator Kelompok Kerja (POKJA) MBKM-IKU Kemdikbudristek.

Hadir sebagai peserta yakni Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Sulawesi Barat. Zulfajri Basri Hasanuddin, Dekan FKIP Abdulllah Pandang serta para koordinator Program Studi dan Unit Akademik lingkup FKIP Universitas Sulawesi Barat. (*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com, Misbah Sabaruddin

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved