Breaking News:

Arab Saudi Segera Buka Umrah, Kemenag Tekankan Edukasi Bagi Masyarakat Terkait Pelaksanaan Umrah

Kementerian Agama (Kemenag) tekankan pentingnya edukasi kepada jemaah umrah terkait pelaksanaan umrah di masa pandemi.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
kemenag.go.id
Stafsus Menag Ishfah Abidal Aziz 

TRIBUN-SULBAR.COM – Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz mengatakan pentingnya edukasi publik tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

Mengingat akses penyelenggaraan umrah bagi jamaah Indonesia akan segera dibuka oleh pemerintah Arab Saudi.

Edukasi sangat penting karena agar jemaah bisa mengerti, memahami. Dan bisa menjalankan umrah di masa pandemi virus Covid 19.

Tak hanya itu, edukasi dianggap sebagai langkah efektif untuk mendisiplinkan jemaah asal Indonesia dalam menerapkan protokol kesehatan setibanya di Arab Saudi.

Meskipun, pemerintah Arab Saudi belum merinci tentang kebijakan teknis penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia.

Kegiatan Umrah kembali dibuka untuk jemaah asal Indonesia
Kegiatan Umrah kembali dibuka untuk jemaah asal Indonesia (Shutterstock)

Baca juga: Umrah Dibuka Bagi Jemaah Indonesia, Kemenag Minta PPIU Segera Mendata Jemaah Umrah

Baca juga: Umrah Dibuka, Kemenag Gandeng Kemenkes Matangkan Skema Akses Data Jamaah Umrah

Akan tetapi, ada baiknya pemerintah Indonesia segera merumuskan rekomendasi dan langkah persiapan yang baik dalam penyelenggaraan ibadah haji di masa pandemi.

Persiapan tersebut berupa regulasi maupun teknis penyelenggaraan ibadah umrah, sejak sebelum keberangkatan, saat melaksanakan ibadah umrah, serta setelah kembali di tanah air.

“Sebagai bagian dari Tim Manajemen Krisis, masing-masing kementerian agar menyampaikan skema keberangkatan dan kepulangan ibadah umrah sesuai dengan kewenangannya,” ucap Ishfah Abidal Aziz.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hilman Latief selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, jika masyarakat perlu mendapatkan edukasi tentang kondisi inidan batasan-batasan yang ada di dalamnya.

Pandemi Covid 19 yang kini tengah melanda dunia, dan khususnya Indonesia, harus dipahamkan kepada masyarakat bahwa suasana umrah dan haji ke depannya masih dalam suasana pandemi.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved