Breaking News:

Batas Wilayah Laut

Hadirkan Ahli Geomatika, Pemprov Sulbar Bahas Penentuan Batas Wilayah Laut dengan Kaltim

Sekprov Muhammad Idris mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mendapatkan gambaran mengapa penting menetapkan batas wilayah laut.

Editor: Nurhadi Hasbi
Tribun-Sulbar.com/Nurhadi
Webinar terbatas Pemprov Sulbar membahas penetapan batas wilayah laut antara Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur menghadirkan ahli geomatika dari ITS Surabaya 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan webinar terbatas membahas penentuan batas wilayah laut antara Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur.

Webinar terbatas yang dibuka Sekertaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, menghadirkan Ahli Geomatika dari ITS Surabaya, Khomsin.

Selain itu, hadir Asisten I Pemkesra, M Natsir dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Baca juga: Sekprov Sulbar Tekankan Pentingnya Regulasi Standar Bangunan Tahan Gempa di Mamuju

Baca juga: Sekprov Muhammad Idris Soal Polemik Cristina & Arya: Kita Anggap Sudah Selesai

Diantaranya, Dinas ESDM, Biro Tapem, Dinas Kelautan Perikatan, serta Anggota DPRD Hatta Kainang dan Kadis Kominfo Safaruddin Sanusi DM.

Sekprov Muhammad Idris mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mendapatkan gambaran mengapa penting menetapkan batas wilayah laut.

Menurutnya, hal tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah dalam merapikan batas wilayah administrasi pemerintahan.

"Juga untuk mewujudkan Sulbar tertib dalam menetapkan wilayah laut," kata Idris.

Juga untuk mendapatkan kepastian hukum di setiap daerah berkaitan dengan tapal batas wilayah.

"Selama ini kita hanya fokus ke tapal batas wilayah darat. Sekarang kita melakukan ini untuk menentukan batas wilayah laut," ucap Mantan Kepala LAN Makassar itu.

Idris berharap, hadirnya level perumus kebijakan atau pemanfaat kebutuhan tapal batas seperti DKP dan ESDM dalam webinar terbatas tersebut,

Dapat menyelesaikan persoalan Sulawesi Barat dengan Kalimantan Timur maupun Kalimantan Selatan terkait batas wilayah laut.

"Saya minta Pak Khomsin, dapat berbagi ilmu dengan kawan-kawan di Sulbar dalam penetapan batas wilayah laut," pinta mantan Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI itu.

Kadis Kominfo Sulbar mengikuti webinar terbatas membahas penetapan batas wilayah laut
Kadis Kominfo Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi DM mengikuti webinar terbatas membahas penetapan batas wilayah laut antara Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur.

Sementara itu, Anggota DPRD Sulbar, Hatta Kainang menjelaskan, wilayah potensi Sumber Daya Alam (SDA) tidak bisa didapat karena tidak ada kepastian hukum soal wilayah laut.

"Makanya perlu pertemuan ini dengan menghadirkan ahli, semoga bisa membantu kita untuk memecah kebuntuan selama ini," pungkas Hatta.

Legislator Nasdem itu berharap, data-data yang dibutuhkan dalam proses tersebut dapat disampaikan melalui webinar terbatas ini untuk tindak lanjut lebih jauh.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved