Breaking News:

Menag Terbitkan Pedoman Peringatan Hari Besar Keagamaan Saat Pandemi Covid, Berikut Ketentuannya

Menteri Agama terbitkan pedoman peringatan hari besar keagamaan saat pandemi Covid 19.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Hasrul Rusdi
Human Resources Online
Niat dan Tata Cara Shalat Subuh Lengkap Bacaan Doa Qunut 

TRIBUN-SULBAR.COM – Kementerian Agama (Kemenag) terbitak SE Menag Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Besar Keagamaan pada Masa Pandemi Covid 19.

Pedoman ini diterbitkan bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan sekaligus memberikan rasa aman serta nyaman kepada masyarakat dalam menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi saw, Natal, dan hari besar keagamaan lainnya.

Selain itu, pedoman penyelenggaraan ini disusun dengn memperhatikan kondisi status daerah dalam konteks pandemi Covid 19.

Dikutip dari setkab.go.id, bagi daerah yang berada pada Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan 2 diperbolehkan mengdakan peringatan hari besar keagamaan dengan tatap muka.

Namun, juga harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas luncurkan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK)
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas luncurkan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) (Tangkapan layar dari laman kemenag.go.id)

Baca juga: Umrah Segera Dibuka, Kemenag Sulbar Susun Langkah Edukasi Travel Resmi

Baca juga: Kemenag Sulbar Masih Menuggu Regulasi Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah

Akan tetapi, bagi daerah yang berada pada PPKM level 3 dan 4 dianjurkan untuk mengadakan peringatan hari besar keagamaan secara virtual.

Tak hanya itu, kepada penyelenggara juga diminta untuk menyediakan QR Code PeduliLindungi.

Dan untuk para peserta dianjurkan juuga untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi di rumah ibadah dan tempat lain yang digunakan untuk menggelar peringatan hari besar keagamaan.

“Dilarang untuk melakukan pawai atau arak-arakan dalam rangka peringatan hari besar keagamaan yang melibatkan jumlah peserta dalam skala besar,” ucap Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Adapaun ketentuan dalam Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari besar Keagamaan saat pandemi Covid 19 yakni:

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved