Breaking News:

Lukisan 9 Wali Songo yang Dibuat Tahun 1871 Diluncurkan di Ranah NFT

Ide menempatkan lukisan bersejarah dan misterius itu di platform NFT datang dari komunitas teknologi blockchain bernama Begawan Network Nusantara

Editor: Ilham Mulyawan
(Photo: BENTARA)
Peluncuran Non Fungible Token (NFT) Lukisan Wali Songo Berkuda (Keterangan Foto Komunitas BENTARA (Begawan Network Nusantara) dengan latar belakang lukisan Wali Songo Berkuda yang kini ada di platform NFT berbasis Blockchain. 

Peluncuran Non Fungible Token (NFT) Lukisan Wali Songo Berkuda

TRIBUN-SULBAR.COM - Sebuah lukisan bergambar Sembilan Wali atau Wali Songo sedang menunggang kuda di depan Masjid Demak dengan nuansa Subuh baru saja diluncurkan di ranah NFT (Non Fungible Token), Sabtu (9/10/2021) di Jakarta.

Ide menempatkan lukisan bersejarah dan misterius itu di platform NFT datang dari komunitas teknologi blockchain bernama BENTARA (Begawan Network Nusantara), setelah mendapatkan izin dari pemiliknya.

Apa itu NFT?
NFT atau Non-Fungible Token adalah sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Aset-aset dengan NFT akan tercatat dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya.

Ketika NFT sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi bisa direplikasi atau diduplikasi.

Contohnya adalah kicauan pertama CEO Twitter Jack Dorsey yang dijual dengan harga mencapai 2,5 juta dollar AS atau setara Rp 35 milar.

Salah satu tujuan meng-NFT-kan lukisan berusia 150 tahun itu adalah untuk dana abadi dakwah dan kegiatan para penghapal Al Qur'an (Hafiz/zah) di tanah air dan mancanegara.

Manakala NTF Wali Songo berhasil meraih target lelang fasilitas digital platform NFT yang berbasis teknologi blockchain.

Menurut keterangan pemilik lukisan yang tidak mau disebutkan namanya, lukisan Sembilan Wali Songo sedang Menunggang kuda itu dibuat pada tahun 1871.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved