PON XX Papua

Pemkab Mimika, Fasilitasi 140 Pelaku UMKM Gelar Produk Kesenian Orang Asli Papua

Pemerintah Kabupaten Mimika memfasilitasi 140 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk gelar produk kesenian pada perhelatan PON Papua 2021.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Hasrul Rusdi
bnpb.go.id
Pameran kesenian yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika untuk 140 pelaku usaha UMKM 

TRIBUN-SULBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Mimika fasilitasi 140 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menggelar produk kesenian masyarakat local di tengah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Pameran kesenian tersebut akan berlangsung pada tanggal 5-20 Oktober 2021 dan dibuka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam waktu setempat.

Pelaku UMKM tersebut menampilkan beragam kerajinan masyarakat atau orang asli Papua (OAP) seperti, noken, tifa, minyak kayu putih, dan rumbai khas warga setempat.

Dikutip dari bnpb.go.id, pada pameran tersebut para pelaku UMKM juga menjual aneka tanaman hias dari limbah botol mineral plastik.

Komitmen BMKG dukung kesuksesan PON XX di Papua
Komitmen BMKG dukung kesuksesan PON XX di Papua (kemenpora.go.id)

Baca juga: Sulbar Gigit Jari di Balap Motor PON Papua, Hamzih: Semua Cabor Akan Dievaluasi

Baca juga: Klasemen Sementara Perolehan Medali PON Papua: Papua Bertahan Di Posisi Ke 2, Sulbar Semakin Turun

Perhelatan olahraga empat tahunan yang diselenggarakan di Papua itu menjadi momentum untuk mengenalkan beragam produk kerajinan secara luas, khususnya kepada para atlet maupun official yang mengikuti PON Papua 2021.

Para pelaku UMKM itu juga mendapatkan fasilitas berupa tenda dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Kabupaten Merauke.

Pameran kesenian ini diharapkan semakin membuat pelaku UMKM semakin percaya diri dan dapat menghasilkan produk yang berdaya saing.

Eric Rumlus selaku Kepala Dinas Perindagkop dan UKM mengatakan jika, 140 pelaku UMKM tersebut adalah UMKM yang terseleksi dari ribuan UMKM di Merauke untuk menyemarakkan PON Papua 2021.

Pelaku UMKM tersebut merupakan binaan Perindagkop dan UKM serta Dinas Parekraf yang berasal dari daerah Wasur, Sota, Yangadur, dan Kota Merauke.

Siagakan gerai masker

Satgas Prokes Merauke Covid 19 turut mendukung kegiatan tersebut dengan menerapkan disiplin protocol kesehatan di lokasi penyelenggaraan.

Bahkan Satgas Prokes Merauke Covid 19 juga menyiagakan gerai masker dan membagikan masker kepada para pelaku usaha maupun pengunjung pameran.

“Sore hari ramai sekiali, jadi relawan diturunkan ke lokasi untuk memberikan imbauan kepada pengunjung,” kata Lilis Adi Sulistiyanto, Wakil Sub Satgas Prokes Merauke.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved