Breaking News:

Atlet Sulbar Perkuat Daerah Lain, Pengamat Olahraga: Perhatian Terhadap Atlet Perlu Diperbaiki

Terbukti, sejak tahun 2008 hingga sekarang Sulawesi Barat menjadi juru kunci di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Penulis: Habluddin Hambali | Editor: Nurhadi Hasbi
Atlet Sulbar Perkuat Daerah Lain, Pengamat Olahraga: Perhatian Terhadap Atlet Perlu Diperbaiki
Dok Akbar Laksus
Pengamat olahraga Sulbar Akbar Laksus

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Banyak atlet asal Sulawesi Barat justru memilih memperkuat provinsi lain di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Tercatat, sebanyak empat atlet memperkuat provinsi lain diantaranya Wahyu Salam Polman, Fahmi Basam Polman, Putu Fitri Herlina Mamuju dan Nini Karmila Mamasa.

Pengamat olahraga Sulbar, Akbar Laksus, mengatakan, perhatian terhadap atlet yang perlu diperbaiki pengurus Cabang Olahraga (Cabor) dan Komite Olahraga Nasional Indoensia (KONI) Sulbar.

"Dalam ilmu keolahragaan tentunya ini sangat berpengaruh kepada psikologi atlet bahwa ketika ada perhatian baik itu dari KONI maupun yang lain, tentu akan menambah semangat atlet memperkuat daerahnya," kata Akbar, Kamis (7/10/2021).

Persoalannya, motivasi dan perhatian kepada atlet itu tidak diimplementasikan dalam menjalankan tugas sebagai pengurus Cabor maupun KONI sendiri.

Sehingga, atlet lebih memilih keluar untuk memperkuat daerah lain dibandingkan daerahnya.

"Artinya apa, mereka tidak memiliki keinginan memperkuat daerahnya karena memang motivasi internal tidak ada, persoalan perhatian atau keseriusan daripada pembina Cabor atau Koni di Sulbar," ungkap Akbar.

Alumni Pasca Sarjana Olahraga UNM ini juga mengungkapkan kelemahan ini dimanfaatkan daerah lain merekrut atlet di Sulbar.

Terbukti, sejak tahun 2008 hingga sekarang Sulawesi Barat menjadi juru kunci di Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Proses dalam menciptakan atlet memang agak keliru. Biasanya bertahap mulai seleksi hingga pembinaa, itu kemudian tidak terjadi di Sulbar," bebernya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved