Breaking News:

Luncurkan Demplot di Desa Mirring, Unsulbar Dorong Masyarakat Sadar Potensi Budidaya Lebah

Dalam kegiatan itu, para dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Unsulbar telah melaksanakan pelatihan, yang meliputi pembuatan stup, koloni dan Madu

Editor: Ilham Mulyawan
Dokumentasi Fakultas Pertanian Unsulbar
Peluncuran Demo plot (Demplot) budidaya lebah di Dusun Tappina, Desa Mirring, Kecamatan Polewali Mandar, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Segenap Sivitas Akademika Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat, meluncurkan Demo plot (Demplot) budidaya lebah di Dusun Tappina, Desa Mirring, Kecamatan Polewali Mandar, Rabu (29/9/2021).

Untuk sekadar diketahui, Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Peluncuran Demplot ini juga dihadiri Dekan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unsulbar, Kepala KPH Mapilli, Sekretaris Camat Binuang, kepala Desa Mirring, Kelompok Tani Hutan Buttu Puang dan sejumlah perwakilan stakeholder terkait.

Dalam kegiatan itu, para dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Unsulbar telah melaksanakan pelatihan, yang meliputi pembuatan stup, pecah koloni dan pemanenan madu.

Semua itu merupakan proses mengembangkan pembudidayaan lebah Trigona sp.

"Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat oleh Universitas Sulawesi barat tahun 2021.

"Dalam kegiatan ini kami menyiapkan 45 Stup untuk budidaya lebah madu jenis Trigona Sp," ujar Ketua Tim, Daud Irundu seoperti dikutip dari rilis yang diterima, Rabu (29/9/2021).

Pada kesempatan sama, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Buttu Puang, Muhiddin berharap peluncuran ini dapat membuat para petani lebih paham cara budidaya lebah madu jenis Trigona sp.

"Dengan begitu tentu saja kita harapkan bisa meningkatkan roda perekonomian kelompok petani ini," terangnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved