Breaking News:

Pertemuan G 20

Jadi Ketua G-20 Bidang Agriculture, Mentan Sebut Indonesia Siap Bantu Krisis Pangan di Afrika

Terpilihnya Indonesia menjadi Ketua G20 bidang Agriculture ditandai penyematan pin emas FAO dari Director General FAO (2019-2013) Qu Dongyu (China)

Editor: Ilham Mulyawan
Handover
Menteri Pertanian Indonesia, Syahrul Yasin Limpo 

TRIBUN-SULBAR.COM - Menteri Pertanian Indonesia Syahrul Yasin Limpo (66), terpilih menjadi Ketua G-20 Bidang Pangan (agriculture) di Florence, Roma, Italia yang berlangsung 17 hingga 18 September lalu.

Di hadapan 38 menteri pertanian dari lima benua, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan komitmen Indonesia mendukung tiga agenda dan tujuan utama keberlanjutan pembangunan global (SDG), Rakyat (people), Bumi (earth) dan Kesejahteraan (prosperity).

"Pandemi ini membuat kami sadar tentang pangan sebagai sumber ketahanan nasional, regional dan global.

"Indonesia siap mendukung keanekaragaman pangan dan membantu krisis pangan di Afrika," ujar Syahrul kepada Tribun, Sabtu (18/9/2021) dari Roma.

Terpilihnya Indonesia menjadi Ketua G20 bidang Agriculture ditandai penyematan pin emas FAO dari Director General FAO (2019-2013) Qu Dongyu (China) di markas FAO, Viale delle Terme di Caracalla 00153 Roma, Italia.

"Insya Allah amanah ini akan saya kerjakan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan pertanian Tanah Air," kata Syahrul seperti dikutip dari unggahan Instagram-nya, Ahad (19/9/2021).

Terpilihnya Syahrul sebagai Ketua G-20 sektor pertanian, melengkapi peran strategis kawasan Indonesia di Asia.

Pasa Sidang ke-42 Konferensi FAO 14–18 Juni 2021 lalu, Indonesia terpilih sebagai Anggota Dewan FAO.

Kala itu, Indonesia dinominasikan Filipina dan India. Keduanya mewakili Grup FAO Asia bersama dengan lima negara lainnya; Bangladesh, Filipina, Jepang, Tiongok, dan Republik Korea.

Pengukuhan Syahrul ini adalah rangkaian awal penetapan Indonesia sebagai Presiden G-20 dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang juga digelar di Roma, 30-31 Oktober 2021 mendatang.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved