Breaking News:

Opini

Tahapan Awal dan Verifikasi Parpol Pemilu 2024

Agenda ini dapat dilaksanakan sesuai dengan rancangan awal yaitu tahapan persiapan pendaftaran dan verifikasi serta penetapan parpol,

Dok Munawir Ariffin
Anggota Komisi Pemilihan Umum Polewali Mandar Munawir Ariffin 

Oleh : Munawir Ariffin
Anggota Komisi Pemilihan Umum Polewali Mandar

UPAYA mencapai kesepakatan terhadap jadwal dan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 terus dilakukan oleh KPU RI bersama dengan DPR RI dan Pemerintah terus dilakukan.

Hal ini bertujuan agar kesimpangsiuaran terhadap jadi tidaknya pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 dapat diminimalisir ditingkat bawah.

Sehingga dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan oleh DPR RI, Pemerintah dan Penyelenggara dalam hal ini KPU RI telah menunjukkan titik terang jadwal pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

Rencana Tahapan Pemilu Januari 2022

Jika melihat hasil RDP antara KPU RI dan Pemerintah serta DPR RI pada senin tanggal 6 September 2021, bahwa rencana tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024 dapat dilaksanakan pada Januari 2022.

Hal ini disebabkan karena agenda Pemilu dan Pemilihan telah diatur oleh UU Pemilu dan Pemilukada dilakukan di tahun yang sama, tentu agenda tahapan Pemilu dan Pemilihan akan beririsan.

KPU RI bersama tim yang dibentuk juga telah menyepakati bahwa sebaiknya tahapan dimulai 25 bulan sebelum hari H pelaksanaan Pemilu,

dan tentu juga merujuk pada UU No. 10 Tahun 2016 terkait Pemilihan Serentak dilaksanakan pada bulan November Tahun 2024.

Sehingga dengan dasar tersebut, KPU RI mengusulkan kepada Pemerintah dan DPR RI agar pelaksanaan Pemilu dilakukan pada tanggal 21 Februari 2024 dan Pilkada Serentak dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Halaman
1234
Editor: Nurhadi Hasbi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved