Breaking News:

Korban Banjir Desa Sondoang Mamuju Tidak Akan Terima Bantuan Perbaikan Rumah

Dinsos Mamuju juga telah berkoordinasi dengan para lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Yakkum dalam penyaluran bantuan.

Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman
Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Irayanti. 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Korban Bajir Bandang Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) tidak akan menerima bantuan perbaikan rumah dari Dinas Sosial (Dinsos) Mamuju.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Mamuju, Irayanti mengungkapan, tidak memiliki anggaran terkait bantuan rehabilitasi rumah rusak akibat banjir bandang.

"Dinsos Mamuju hanya melakukan tanggap darurat, bantuan sembako kemarin diserahkan langsung bupati. Kalau untuk perbaikan rumah di sosial belum ada, mungkin di OPD lain," ujarnya, Kamis (9/9/2021).

Dinsos Mamuju hanya mengakomodir rumah warga yang rusak akibat musibah kebakaran dan menyalurkan bantuan sejumlah uang tunai bagi warga yang rumahnya terbakar.

"Kalau untuk banjir bandang, tidak ada. Kalau bencana kebakaran memang jumlahnya besar," uangkap Irayanti.

Kendati demikian, Dinsos Mamuju tetap menyalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar bagi 932 orang dari 231 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak.

Baca juga: 4 Fakta Banjir di Sondoang Kalukku Mamuju Sulbar, Ratusan Rumah Terendam

Baca juga: Osis SMPN 2 Mamuju Galang Dana Untuk Pelajar Terdampak Banjir Sondoang Kalukku

Dinsos Mamuju juga telah berkoordinasi dengan para lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Yakkum dalam penyaluran bantuan.

Irayanti menambahkan, pihaknya juga telah mendirikan dua dapur umum selama dua hari untuk mengakomodir empat dusun di Desa Sondoang.

TNI dari Kodim 1418/Mamuju sedang gotong royong bersama warga dan relawan lainnya bersihkan rumah korban banjir bandang di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulbar.
TNI dari Kodim 1418/Mamuju sedang gotong royong bersama warga dan relawan lainnya bersihkan rumah korban banjir bandang di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulbar. (Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman)

"Dua lembaga NGO itu sudah berkoordinasi dan meminta data jumlah anak, kaum disabilitas dan lansia yang terdampak," paparnya.

Bencana banjir bandang di Desa Sondoang, Mamuju, Jumat (3/9/2021) sekira pukul 02.00 Wita dini hari.

Sebanyak 932 warga terdampak dari empat dusun, Dusun Salukaha, Rante Dango, Dusun Kasso dan Dusun Palado.

Banjir tersebut juga merusak jembatan gantung di Dusun Kasso.(*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com Abd Rahman

Penulis: Abd Rahman
Editor: Hasrul Rusdi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved