Breaking News:

OPINI

Ekosistem Media Online dan Prilaku di Media Sosial

Kondisi ini tak terkecuali terjadi di Sulawesi Barat. Secara umum jika melihat populasinya, media online di daerah ini pun terus tumbuh.

Ist/Tribun-Sulbar.com
Relawan TIK Sulawesi Barat, Shalahuddin. 

Oleh Shalahuddin
Relawan TIK Sulawesi Barat dan Program Officer JIS Sulawesi Barat

TRIBUN-SULBAR.COM - Pasca makin maraknya media online yang bermunculan dan menjadi salah satu basis informasi masyarakat hari ini, kita nyaris sulit untuk menyebut masyarakat kita kekurangan info dari setiap peristiwa yang terjadi disekitar bahkan yang bergulir di tempat lain.

Tetapi ini terkecuali bagi mereka yang memang sejak awal apatis terhadap perkembangan teknologi informasi berbasis digital.

Kondisi ini tak terkecuali terjadi di Sulawesi Barat. Secara umum jika melihat populasinya, media online di daerah ini pun terus tumbuh.

Hal ini merupakan sinyal positif terhadap upaya daerah ini memasuki era teknologi informasi yang menyasar platform digital sebagai basis penyebarannya.

Namun dalam perkembangannya, kita sadari ekosistem media itu sendiri jika diamati lebih jauh, juga tampaknya mengalami fluktuasi.

Sehingga hanya beberapa saja yang dapat ditemukan secara konsisten menjaga ritmenya sebagai institusi dan industri media yang sehat.

Sebab meskipun biayanya relatif murah dibanding media konvensional misalnya yang masih menggunakan koran sebagai media baca, tetapi tetap saja membutuhkan upaya konsisten agar tak ditinggalkan pembacanya.

Membincang ekosistem media online menjadi hal urgent ketika kita diperhadapkan pada tawaran kecepatan dalam menyebarkan informasi.

Betapa tidak, hari ini media mainstream sedang berpacu dengan cepatnya sebaran informasi yang berseliweran di media sosial berbasis akun pribadi, komunitas hingga lembaga swasta.

Halaman
123
Editor: Hasrul Rusdi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved