Breaking News:

Obituari: Andi Darussalam Tabusalla Dalam Kenangan, Pergi Setelah Memperoleh Mukjizat Kehidupan

Sebagai orang yang lama berkecimpung di dunia sepak bola ADS pernah menjadi pengurus klub besar seperti Arema, Persipura Jayapura hinga PSM Makassar

Dok pribadi
Andi Darussalam Tabussalla (ADS) 

TRIBUN-SULBAR.,COM - Sepak bola Indonesia baru saja kehilangan tokoh terbaiknya, Andi Darussalam Tabussalla (ADS) yang telah meninggal dunia di usia ke-70 pada Senin (16/8/2021) malam, sekitar pukul 23.35 Wita di Rumah sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan.

ADS adalah mantan Mantan manajer timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, dilaporkan meninggal dunia yang sudah berkecimpung di dunia sepak bola selama lebih dari 40 tahun.

Dia juga pernah menjadi pengurus sejumlah klub besar, seperti Arema hingga PSM Makassar.

Berikut ini adalah obituari yang ditulis oleh jurnalis senior, M Dahlan Abubakar mengenai sosok ADS.

Pergi Setelah Memperoleh Mukjizat Kehidupan

Sudah hari ke-35 saya mendekam di rumah karena penyakit tipes, ketika membaca berita duka kepergian H.Andi Darussalam Tabusalla di media sosial bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Beberapa hari sebelumnya saya ikut nimbrung di media sosial mendoakan semoga ADS – begitu kami menyapanya – cepat pulih, saat serunya permintaan donor darah O.

Di pembaringan saya berpikir, Puang kembali bertarung ketat lagi mencoba memperpanjang tarikan napasnya. Catatan saya berikutnya, pernah dimuat di sebuah majalah.

Kontennya diambil dari buku “Andi Darussalam Tabusalla AKU DAN TUHANKU” yang ditulis Andy Pallawa (Global Publishing, 2020) dan beberapa tambahan di bagian akhir..

Setelah kurang lebih 5 tahun menjalani proses cuci darah (hemodialisa), atas saran dokter, ADS pun melakukan operasi transplantasi ginjal. Waktu lima tahun untuk ukuran Kota Makassar, termasuk sangat jarang. Maksud saya, sangat jarang pasien yang menjalani cuci darah bisa bertahan.

Halaman
1234
Editor: Ilham Mulyawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved