Breaking News:

Mengenal Baju Adat Suku Baduy Lengkap dengan Tas Koja yang Dikenakan Presiden Jokowi

Presiden juga terlihat mengenakan pakaian adat suku Baduy yakni pakaian hitam lengkap dengan penutup kepala berwarna biru.

YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat suku Baduy saat mengahdiri rapat tahunan MPR, Senin (16/8/2021) 


TRIBUN-SULBAR.COM - Pada peringatan HUT RI ke-76 tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin masih tetap menggunakan baju adat daerah.

Seperti yang terlihat saat keduanya menghadiri Sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (16/8/2021) pagi.

Presiden Jokowi tampak mengenakan baju adat suku Badui.

Presiden Jokowi menggunakan baju adat Baduy
Presiden Jokowi menggunakan baju adat Baduy

Pakaian adat itu berwarna hitam dan dilengkapi ikat kepala biru.

Presiden juga terlihat mengenakan pakaian adat suku Baduy yakni pakaian hitam lengkap dengan penutup kepala berwarna biru.

Presiden juga tampak memakai tas ala suku di daerah Banten tersebut.

Sementara itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin tampak mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Dilansir dari laman Wikipedia, pakaian adat suku Badui adalah pakaian adat suku badui yang biasa digunakan oleh suku Badui di desa Kanekes, kecamatan Leuwidamar, kabupaten lebak Banten, provinsi Banten.

Suku Badui adalah salah satu suku di Indonesia yang masih memegang dan menjaga kemurnian adat dan tradisinya, kearifan lokal yang menjadi kekuatan masyarakat adat, posisi penghargaan yang tinggi pada kepala suku sebagai pimpinan menjadikan suku Badui masih terus bertahan hingga kini.

Adat dan tradisi yang bersinergi dengan alam, mulai dari sikap dan tingkah laku, tata cara bekerja, berkegiatan sehari-hari, mencari nafkah kehidupan hingga momentum kelahiran kematian dan pernikahan bahkan menebang pohon juga diatur sesuai keputusan adat.

Halaman
123
Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Ilham Mulyawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved