Breaking News:

Opini

Pendidikan Pemilih Berkelanjutan

Dalam Pendidikan pemilih berkelanjutan sekaligus akan menjadi ruang edukasi untuk masyarakat baik itu pemilih telah terdaptar dalam daftar pemilih.

Ist/TribunSulbar.com
Zulkarnain Hasanuddin, Anggota KPU Kabupaten Majene 

Oleh: Zulkarnain Hasanuddin, Anggota KPU Kabupaten Majene

Perjalanan demokrasi indonesia punya fase yang cukup panjang, mulai rezim orde lama, orde baru sampai pada rezim reformasi.

Dimana dalam perjalanannya sistem demokrasi pun kerap berubah tentu disebabkan penyesuaian kondisi dan perkembangan masyarakat Indonesia itu sendiri.

Pemilihan secara langsung umum bebas rahasia, jujur dan adil sebagai Azas Serta prinsip dari demokrasi itu sendiri untuk melahirkan pemimpin baik nasional maupun skala regional/lokal.

Yang lahir dan menjadi pilihan rakyat sebagi bentuk manifestasi kedaulatan rakyat, tentu dengan harapan terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

Dalam perjalanan pemilihan umum dan pemilihan sebagai Anak kandung dari demokrasi mengalami dinamika dan fluktuasi disebabkan kualitas partisipasi masyarakat yang masih cenderung rendah.

Dimana kecenderungannya lebih pada mobilisasi pemilih dikarenakan masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap demokrasi yang baik dan berkualitas.

Pendidikan pemilih berkelanjutan adalah program yang di gagas oleh KPU Republik Indonesia, untuk secaca terus-menerus ( sustainable ) melakukan edukasi pada masyarakat baik dalam masa tahapan ataupun tidak dalam masa tahapan.

Sehingga pendidikan pemilih ini terus dilakukan pada seluruh segmen pemilih sebagai upaya KPU untuk memastikan kualitas partisipasi masyarakat terus mengalami peningkatan dalam setiap pelakasanaan pesta
demokrasi di Indoneisa.

Dalam Pendidikan pemilih berkelanjutan sekaligus akan menjadi ruang edukasi untuk masyarakat baik itu pemilih yang telah terdaptar dalam daftar pemilih ( DPT ).

Halaman
123
Editor: Hasrul Rusdi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved